UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI CARD SORT DAN SNOW BALLING SMP

Authors

  • Lumkhatun Lumkhatun

DOI:

https://doi.org/10.47200/aoej.v4i1.99

Keywords:

Strategi pembelajaran, Card Sort dan Snow Balling, Pemahaman Materi, Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan di Indonesia

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Kartasura melalui penerapan strategi pembelajaran card sort dan snow balling. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Kartasura yang berjumlah 38 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan , dan kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn Materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di kelas VIII E SMP Negeri 2 Kartasura sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu dari siswa yang memahami materi dalam menjawab pertanyaan atau aktif dalam pembelajaran hanya sebanyak 11 siswa atau 28,50% dari jumlah keseluruhan. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi card sort dan snow balling pada proses pembelajaran diperoleh hasil yaitu siklus I meningkat menjadi 21 siswa atau 55,25% dari jumlah keseluruhan dan siklus II diperoleh meningkat menjadi 31 siswa atau 81,50% dari jumlah keseluruhan. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas di atas maka hipotesis kinerja yang menyatakan “Diduga dari Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort dan Snow Balling dapat Meningkatkan Pemahaman Materi Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan di Indonesia dalam Pembelajaran PKn pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 2 Kartasura, terbukti dan diterima kebenarannya. Lebih lanjut dapat dikatakan bahwa semakin sering menerapkan strategi card sort dan snow balling akan menyebabkan semakin tinggi pula pemahamn materi pada siswa. Dengan demikian strategi card sort dan snow balling merupakan faktor yang ikut mempengaruhi pemahamn materi pada siswa dalam proses pembelajaran PKn materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Refisi VI.

Jakarta: Rineka Cipta.

Bakri, Noor Ms. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Choiriyah, Nur. 2009. Penerapan Strategi Card Sort Pokok Materi Klasifikasi Makhluk Hidup

Untuk meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Karang

Payung Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2008/2009. http://perpustakaan.uns.ac.id.

Diakses hari senin tanggal 28 Maret 2011 jam 09.30 WIB.

Creeswell, John. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed.

Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga.

Jakarta: Balai Pustaka.

Hamalik, Oemar. 1998. Kurukulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber tentang

Metode-metode Baru). Jakarta: UIP.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metologi Penelitian Kajian Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora

Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Purwensi dan Sri Hartati. 2010. Modul Pendidikan Kewarganegaraan SMP Kelas VIII Semerter

Genab. Sokoharjo: Media Wiguna.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Cetakan

Pertama. Jakarta: Balai Pustaka.

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zaini, Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Downloads

Published

2013-01-01

How to Cite

Lumkhatun, L. (2013). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATA PELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI CARD SORT DAN SNOW BALLING SMP. Academy of Education Journal, 4(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v4i1.99