STRATEGI CART SORT UNTUK PENINGKATKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN PKn SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.47200/aoej.v4i1.98Keywords:
Strategi pembelajaran, Siklus, tindakanAbstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran PKn Materi HAM pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Satu Atap Gabus melalui penerapan strategi pembelajaran Card Sort. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negari 4 Satu Atap yang berjumlah 36 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informen atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumen atau arsip.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa pada materi HAM di kelas VII SMP Negeri Satu Atap Gabus, yaitu dari siswa yang aktif bertanya , berpendapat dan menjawab pertanyaan sebanyak 5 (13, 90%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi Card Sort pada pembelajaran diperoleh hasil yaitu siklus I meningkat menjadi 20 (55, 60%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang direvisi pada siklus II diperoleh meningkat menjadi 29 (80, 60%) siswa. Hasil penelitian ini sudah memenuhi idikator kinerja.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktik edisi refisi V. Jakarta:
Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Astuti, Fitri. 2007. Usaha Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Merespon Pelajaran Melalui
Pendekatan Ketrampilan Proses (PKP) (PTK Pembelajaran Metematika di kelas VII SMP
Negari 2 Ngemplak) Skripsi S-1. Surakarta: FKIP UMS.
Fitriasari, Dini. 2007. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pem-belajaran
Matematika dengan Pendelatan Pola Latihan Interaktif Pokok Bahasa Geometri (PTK
SMP Negeri 1 Pekalongan) Skripsi S-1. Surakarta: FKIP UMS.
Hasibuan, J. J. dan Moedjiono. 1995. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber tentang
Metode-metode Baru). Jakarta: UIP.
Nawawi, Hadari dan M. Martini. 1992. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah
Mada University Press.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi
Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
TIM Abdi Guru. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
TIM Penyusun Kamus Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbut. 1991. Kamus Besar
Bahasa Indonesia. Jakarata: Balai Pustaka.
Zaini, dkk. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif Diperguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD (Center
For Teching Staff Development).