SIKAP TOLERANSI SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SMP BHINA KARYA GUNUNG KIDUL

  • Nuryati Nuryati
  • Parman Parman
Keywords: Sikap Toleransi, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum sikap toleransi anak menghadapi konflik antar sesama siswa pada siswa kelas VIII Sekolah SMP Bhina Karya Rongkop Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yaitu sikap toleransi anak menghadapi konflik antar sesama siswa. Subyek penelitian yang dipilih untuk penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Bhina Karya yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data yang diperoleh selanjutnya diolah menggunakan langkah-langkah: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Siswa mampu mengetahui tujuan dan siswa lain yang berbeda kepentingan, 2). Siswa mampu mengompromikan tujuannya sendiri dengan tujuan siswa lain, 3) Siswa bersedia menilai pendapat siswa lain, 4). Siswa yang mampu menilai pendapat siswa lain, benar atau salah, 5). Siswa yang bersedia menerima kebenaran pendapat orang lain, dan 6). Siswa yang bersedia memberikan saran atas kekurangan orang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Masri Singarimbun dan Sofyan Effendi, 1989. Metode Penelitian Survey. Jakarta : LP3ES.

Muhaemin E1-Ma’hady, 2004. Multikulturalisme dan Pendidikan Multikultural. Artikel. 27 mei

Diakses dari situs http://re-searchengines.com/muhaemin6-04.htm1

Ramlan Surbakti, 1992. Memahami Ilmu Politik, Jakarta : PT. Gramedia,

Suharsimi Arikunto, 1988. Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI

Timur Mahardika, 2000. Gerakan Massa mengupayakan Demokrasi dan KeadiIan Sosial Secara

Damai, Yogyakarta: Lapera Pustaka Utama.

Published
2013-01-01
How to Cite
NuryatiN., & ParmanP. (2013). SIKAP TOLERANSI SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SMP BHINA KARYA GUNUNG KIDUL. Academy of Education Journal, 4(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v4i1.96