TANGGUNG JAWAB DAN KINERJA PESERTA DIDIK DALAM MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD MUHAMMADIYAHWIROBRAJAN II YOGYAKARTA

  • Paiman Paiman
  • Temu Temu
Keywords: Tanggung Jawab, Kinerja Peserta Didik

Abstract

Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga Negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga Negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Pekerjaan rumah merupakan salah satu tugas dari guru yang diberikan kepada peserta didik sebagai tugas serta salah satu cara dalam mendapatkan penilaian terhadap hasil belajar, Penelitian ini bertujuan untuk menilai tanggung jawab dan kinerja peserta didik dalam mengerjakan pekerjaan rumah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD Muhammadiyah Wirobrajan II. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian diskriptif yaitu penelitian yang menyatakan/ menggambarkan suatu keadaan sebagaimana adanya. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif (aspek kognitif), data kualitatif (aspek afektif) dan tanggung jawab pekerjaan rumah. penentuan subyek dilakukan dengan metode Proporsional Random Sampling, di mana teknik ini menggunakan perbandingan peluang yang sama bagi setiap anggota untuk dipilih menjadi anggota sampel. Subjek penelitian sebanyak 62 siswa yang tergabung dalam 3 kelas 3,4 dan 5 yang mana akan ditentukan 30 siswa secara acak. Dari 30 sampel tersebut dilakukan pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan pengumpulan dokumen untuk mengetahui skor dari masing – masing sampel yang kemudian akan dilakukan analisis dari skor – skor yang telah didapat. Dari hasil penelitian diketahui masih ada beberapa siswa yang belum mengerti tanggung jawab yang diberikan oleh guru ketika siswa diberi pekerjaan rumah. Hal ini nampak dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang telah dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil trianggulasi data yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa beberapa siswa SD Muhammadiyah Wirobrajan II sudah memiliki tanggung jawab dan memiliki kinerja yang baik dalam mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru mata pelajaran PKn. Akan tetapi masih ada juga siswa yang masih memiliki tanggung jawab dan kinerja yang rendah dalam mengerjakan pekerjaan rumah.

References

Abdullah. 2005. Sikap dan perilaku, Jakarta: Rineka Cipta.

Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati. 2001. Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Azwar, Syaiffudin. 2007. Sikap Manusia, Teori Dan Pengukuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Departemen Pendidikan Nasional.2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Jakarta:

Mendiknas

Depdiknas, Pusat Bahasa.2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Bahasa

Purwanto,Ngalim.2011.Psikologi Pendidikan.Bandung:PT.Remaja Rosdakarya

Samsul, Nizar. 2002. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat press.

Sarwono, Sarlito. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabet.

Suharsimi, Arikunto. 2002. Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Suryabrata, Sumadi. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Published
2013-01-01
How to Cite
Paiman, P., & Temu, T. (2013). TANGGUNG JAWAB DAN KINERJA PESERTA DIDIK DALAM MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD MUHAMMADIYAHWIROBRAJAN II YOGYAKARTA. Academy of Education Journal, 4(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v4i1.95