PENDEKATAN PEMBINAAN MORAL SISWA DI SMP NEGERI 4 KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTULTAHUN PELAJARAN 2010/2011

  • Paiman Paiman
  • Esti Astuti
Keywords: Pendekatan Pembinaan, Moral, Siswa SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan pembinaan moral siswa di SMP Negeri 4 Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2010/2011. Dengan demikian yang akan dipecahkan adalah pendekatan apa saja yang dilakukan sekolah dalam melaksanakan pembinaan moral kepada siswa SMP Negeri 4 Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, adapun subyek penelitian ini yaitu guru PKn dan Bimbingan Konseling.Analisis data menggunakan analisis kualitatif melalui tahap-tahap reducsion data, data disply, conclusions drawing and verifying, triangulasi dan kesimpulan. Hasil penelitian data menunjukkan, pembinaan moral di SMP Ngeri 4 Banguntapan Bantul dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan informatif yaitu pembelajaran PKn dengan metode ceramah di kelas, pendekatan partisipatif yaitu studi kasus ,dan pendekatan eksperimental yaitu melalui kegiatan ekstrakulikuler. Sedangkan progam pembinaan yaitu pembinaan aspek kognitif misalnya studi kasus, pembinaan afektif afektif misalnya salam dan sikap didalam kelas, dan psikomotorik misalnya kegiatan ekstrakulikuler.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. (2007). www.goegle.com. Pembinaan Moral ditampilkan 15 Desember 2011.

Bertens. (1993). Etika. Jakarta: Gramedia.

Lexy, J. Moleong. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Mangunhardjono. (1986). Pembinaan Arti dan Metodenya. Yogyakarta: Kanisius.

Soenarjati & Cholisin. (2002). Dasar-Dasar Pendidikan Moral Dalam Kurikulum Sekolah.

Cetakan ke-V. Yogyakarta: Goeboek Indonesia.

Published
2012-07-01
How to Cite
PaimanP., & AstutiE. (2012). PENDEKATAN PEMBINAAN MORAL SISWA DI SMP NEGERI 4 KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTULTAHUN PELAJARAN 2010/2011. Academy of Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.47200/aoej.v3i2.92