STRATEGI PETA KONSEP UNTUK PENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR BELAJAR PKn SISWA

  • Anis Erania Eralita
Keywords: Peta Konsep, Keaktifan Belajar, Kedaulatan Rakyat Dan Sistem Peme- rintahan Di Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dalam proses pembelajaran PKn materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatisrono tahun 2011 melalui penggunaan strategi Peta Konsep. Sebelum diberikan tindakan keaktifan siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan metode diskusi, ceramah dan penugasan. Akan tetapi penerapan metode tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan belajar. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi Peta Konsep. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatisrono yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat keaktifan pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatisrono dari yang aktif bertanya, berani berperan, dan berani mengemukakan pendapat yaitu sebelum diadakannya tindakan dengan menggunakan strategi Peta Konsep siswa yang aktif sebanyak 8 siswa (24,24%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati penggunaan strategi Peta Konsep, siklus I meningkat menjadi 13 siswa (39,39%) dan siklus II meningkat menjadi 27 siswa (81,81%). Hasil penelitian ini telah melampaui indikator kinerja. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga dengan menggunakan strategi Peta Konsep mampu Meningkatkan Keaktifan belajar dalam proses pembelajaran PKn materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia Siswa pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/2011” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

References

Agustini,dkk. 2010. Cakra Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMP/MTs Semester Genap.

Klaten : Sinar Mandiri

Arikunto, Suharsimi. 2006a. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik Edisi VI. Jakarta :

Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006b. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Chamim, Asyukuri Ibn. 2003. Pendidikan Kewarganegaraan. Surakarta: Diktilitbang.

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pebelajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai

Pustaka.

Http://wulanku.wordpress.com/2007/05/22/paradigma-pembelajaran-di-era/) diakses pada hari Senin

tanggal 28 Maret 2011 jam 14:10 WIB

Http://ardhana12.wordpress.com/2009/01/20/indikator-keaktifan-siswa-yang-dapat-dijadikan-penilaiandalam-

ptk-2/) diakses pada hari Jumat tanggal 1 April 2011 jam 18:30 WIB

Http://nawawielfatru.blogspot.com/2010/07/keaktifan-belajar.html) diakses pada hari Selasa tanggal 5

April 2011 jam 17:19 WIB

Http://www.ilmumanajemen.com/index.php?option=com) diakses pada hari Selasa tanggal 5 April

jam 17:19 WIB

Miles, B. Matthew, dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber

Tentang Metode-Metode Baru). Jakarta : UIP.

Moelong, Lexi J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mudjiono, Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ratna, Kutha Nyoman. 2011. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Sagala, Saiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Sahrir. 2008. Penerapan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pokok Bahasan

Bangun Ruang Sisi Lengkung. Skripsi. Surakarta : FKIP UMS (tidak diterbitkan).

Sukkandarmudi. 2006. Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula.

Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Uno, Hamzah. B. 2007. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang

Kreatif dan Efektif). Jakarta: Bumi Aksara.

Zaini, Hisyam, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Published
2012-07-01
How to Cite
Eralita, A. (2012). STRATEGI PETA KONSEP UNTUK PENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR BELAJAR PKn SISWA. Academy of Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.47200/aoej.v3i2.91