PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH DAN GURU MUHAMMADIYAH KECAMATAN TEMPEL

  • Dedy Setyawan Universitas Ahmad Dahlan
  • Muhammad Zuhaery Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Assessment, principal's performance, teacher's performance, Muhammadiyah Elementary School

Abstract

The research objectives: (1) measure the performance appraisal of the principal (2) measure the teacher's performance appraisal (3) determine the relationship between the principal's performance appraisal and the teacher's performance appraisal. This research is a quantitative descriptive. Respondents in this study 9 principals and 41 teachers who have been certified. Data collection techniques used questionnaires and documentation. Based on the results of research with good categories, it is shown as follows: (1) personality and social competence 65% good category (2) leadership competence 62% good category (3) school development competence 64% good category (4) resource competence 61% good category (5) entrepreneurial competence 59% good category (6) learning supervision competence with 55% good category. The results of the principal's assessment are in the good category. Teacher performance assessment with the following results; (1) pedagogic competence 65% good category (2) personality competence 64% good category (3) social competence 69% good category (4) professional competence 60% good category

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas. (2017). Penilaian Kinerja Kepala Sekolah. Journal: Didaktika Jurnal Kependidikan, Jurusan Tarbiyah STAIN Watampone, Vol. 11 No. 1, Juni 2017. ISSN: 1978-0214 hal 12-19.

Afifah, N (2019). Hubungan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru., repository.uin-suska.ac.id, http://repository.uin-suska.ac.id/22995/

Ahmadi. (2010). Pengembangan Kinerja Kepala Sekolah (Studi Tentang Pengaruh Diklat Dan Kompetensi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Dasar) Di Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau. (Tesis)Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Ali, S, & Hasanah, E (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menjamin Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, ejournal.mandalanursa.org, http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/1735

Alwildayanto, A. (2014). Kepemimpinan Pendidikan dalam Pengembangan Budaya Mutu (Principal Leadership Quality Culture). Yogyakarta: DeePublish.

Anggini, Y Mudi, & Suwarno, MP (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Kinerja Guru di SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen., eprints.ums.ac.id, http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/68438

Ari Bowo, A. (2015). PENGEMBANGAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS LINGKUNGAN DENGAN STRATEGI SMALL GRAUP DISCUSSION DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA. Academy of Education Journal, 6(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v6i1.124

Ariyadi, D, & Rohmah, W (2019). Strategi Kepala Sekolah dan Kinerja Guru dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun 2018., eprints.ums.ac.id, http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/77798

Djadmiko, Eko. (2006). “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sarana Prasarana Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kota Semarang” Jurnal Fokus Ekonomi Vol. 1 No. 2 Desember 2006 : 19 ­ 30.

Djafar, H, & Nurhafizah, N (2018). Pengaruh Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dan Pegawai Di SMK MUHAMMADIYAH 3 MAKASSAR. Idaarah: Jurnal Manajemen …, journal.uin-alauddin.ac.id, http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/5064

Dwikoranto, D (2018). PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. … : Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, tajdidukasi.or.id, https://tajdidukasi.or.id/index.php/tajdidukasi/article/view/100

Elger, D. (2007). Theory of Performance. Faculty Develpment Series.

Firman, F, & Pitaloka, K (2021). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP MUHAMMADIYAH I JOMBANG. Jurnal Pedagogi: Jurnal Penelitian dan …, jurnalpedagogi.org, https://www.jurnalpedagogi.org/index.php/pedagogi/article/view/50

Hartanto, S, & Sumardjoko, B (2018). PENGELOLAAN PENILAIAN KINERJA GURU DI SMK MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA., eprints.ums.ac.id, http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/62395

Karwanto, K Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Muhammadiyah 3 Waru Sidoarjo. ejournal.unesa.ac.id, https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/37588

Kemendiknas. (2010). Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru ( PK Guru ).

Keputusan bersama Mendikbud dan Kepala BAKN Nomor : 0433/P/1993 dan Nomor 25 Tahun 1993.

Lailatussaadah. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Journal: Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry: Intelektualita- Volume 3 Nomor 1, Januari-Juni. hal 16-25.

Mangkunegara, Anwar. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Menteri Pendidikan Nasional. (2005).Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Menteri Pendidikan Nasional. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 Pasal 12 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mujib, Z (2019). ANALISIS KINERJA KEPALA SEKOLAH PROFESIONAL DI SDN SOKARAME PASESER III NONGGUNONG SUMENEP., eprints.umm.ac.id, https://eprints.umm.ac.id/57009/

Nisda, N (2019). PENGARUH KINERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) LUWU UTARA., repository.iainpalopo.ac.id, http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/3355/1/SKRIPSI%20NISDA.pdf

Nuryati, N., Budiutomo, T., & Bowo, A. N. (2017). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PPKn ANTI KORUPSI BERBASIS LINGKUNGAN MELALUI COOPERATIVE LEARNING DI SMA/SMK SWASTA KULON PROGO YOGYAKARTA. Academy of Education Journal, 8(1), 27-49. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i1.333

Ofintan, D, & Harsono, SU (2020). Pengaruh Persepsi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Komunikasi Internal Terhadap Kinerja Guru SMA Muhammadiyah Se-Banjarsari Surakarta., eprints.ums.ac.id, http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/80164

Oktafiani, A, & Harsono, SU (2019). Kesulitan Kenaikan Pangkat Guru Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Sragen., eprints.ums.ac.id, http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/73505

Paiman, P., & Temu, T. (2013). TANGGUNG JAWAB DAN KINERJA PESERTA DIDIK DALAM MENGERJAKAN PEKERJAAN RUMAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD MUHAMMADIYAHWIROBRAJAN II YOGYAKARTA. Academy of Education Journal, 4(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v4i1.95

Puspita, A, & Hamid, S (2021). Analisis Kinerja Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Dan Kepuasan Kinerja Guru SD Di Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang. Bosowa Journal of Education, journal.unibos.ac.id, https://journal.unibos.ac.id/jpe/article/view/654

Rafid, R (2019). KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU TENAGA PENDIDIK DI SMA NEGERI 1 LATAMBAGA KABUPATEN KOLAKA SULAWESI TENGGARA., eprints.umm.ac.id, https://eprints.umm.ac.id/57187/

Sedarmayanti. (2013). Membangun Dan Mengembangkan Kepemimpinan Serta Meningkatkan Kinerja Untuk Meraih Keberhasilan. Rafika Aditama.

Septian, S, & Sumardjoko, B (2021). Kinerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Berdasarkan Tugas Pokok Kepala Sekolah Di SMP Muhammadiyah 7 Banyudondo (Studi Kasus di …., eprints.ums.ac.id, http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/91656

Sugito, G (2020). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kepala sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Muhammadiyah Purwokerto., repository.iainpurwokerto.ac.id, http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/7361

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarmo, T, & Sumardjoko, B (2019). Penilaian Kinerja Guru Di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta., eprints.ums.ac.id, http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/77939

Published
2022-01-01
How to Cite
SetyawanD., & ZuhaeryM. (2022). PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH DAN GURU MUHAMMADIYAH KECAMATAN TEMPEL. Academy of Education Journal, 13(1), 164-178. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.893