PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS V SDN SAWAH III GIRISEKAR KECAMATAN PANGGANG KABUPATEN GUNUNG KIDUL

  • Nuryati Nuryati
  • Sri Hastuti Retna Yuliasih
Keywords: Alat Peraga, Pembelajaran PKn, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Bidang studi PKn Sekolah Dasar adalah bidanga studi yang penyajian materinya harus diupayakan dengan menggunakan alat peraga. Hal ini sebagai upaya memberikan kesan realistis terhadap siswa dan sekaligus bertujuan untuk menghilangkan kesan verbalisme dalam pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PKn pada siswa kelas V SDN Sawah III Grisekar Panggang sebelum dan sesudah diadakan tindakan dengan menggunakan alat peraga. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Sumber data utama penelitian adalah siswa kelas V SDN Sawah III Girisekar Panggang Tahun Ajaran 2011/2012. Sebanyak 26 orang siswa. Data dikumpulkan dengan jalan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik. Hasil belajar PKn siswa kelas V di SDN Sawah III Girisekar Kecamatan Panggang, terutama pada aspek kognitif (kemampuan menguasai konsep), sebelum diadakan tindakan hanya 19% yang menguasai konsep. Sesudah diadakan tindakan dengan menggunakan alat peraga pembelajaran, terjadi peningkatan menjadi 61% siswa yang menguasai onsep PKn, khususnya mengenai pokok bahasan tanggung jawab. Sikap bertanggungjawab siswa kelas V SDN Sawah III Girisekar Panggang sebelum dilakukan tindakan hanya 11% siswa yang berani bertanya di dalam kelas. Dan sesudah diadakan tindakan pembelajaran dengan alat peraga, maka kemampuan bertanya siswa meningkat menjadi 53% mereka kritis terhadap materi pelajaran yang diajarkan oleh gurunya di kelas. Sebelum diadakan tindakan pembelajaran di kelas dengan alat peraga, kemampuan menggambarkan perilaku bertanggungjawab siswa kelas V SDN Sawah III Girisekar Panggang hanya 46% yang bisa menggambarkan, dan sesudah diadakan tindakan pembelajaran menggunakan alat peraga meningkat menjadi 84% siswa mampu menggambarkan bentuk perilaku bertanggungjawab.Kata Kunci: Pembelajaran PKn, Alat Peraga, Kelas V SDn Sawah III Girisekar Panggang, Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asep Heri Hermawan, dkk. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Asmawi Zainul dan Agus Mulyana. (2003). Tes dan Asesmen di SD. Jakarta: Universitas

Terbuka.

A.T.Rusyan. (1999). Meningkatkan Mutu Kegiatan dalam Proses Belajar Mengajar di

Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Kartanegara

Depdikbud. (2004). Kurikulum Pendidikan Dasar, GBPP 2004 (KBK) Kelas V SD. Jakarta:

Depdikbud.

Dinn Wahyudin, dkk. (2003). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Gunawan Undang, dkk. (1998). Peningkatan Mutu PBM SD. Bandung: Cv. Siger Tengah.

Ibrahim WS, dkk. (2001). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Bernuansa Budi Pekerti

untuk Sekolah Dasar Kelas V. Bandung: Sarana Pncakarya.

J.R.E. Kaligis dan Damodjo. (1992). Pendidikan Pancasila. Jakarta:Depdikbud.

Kasihani Kasbolah E.S. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud.

Mulyati Arifin. (2000). Modul Peningkatan Kemmapuan Guru dalam Proses Belajar

Mengajar.Bandung: Sinar Baru.

Nana Sudjana. (1989). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:

Sinar Baru.

Nana Suparna, dkk. (2006). Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas V.

Jakarta:Erlangga.

Sardiman A.M. (1987). Interaksi dan Motivasi Belajar Mnegajar. Jakarta: Rajawali Press,

Srini M. Iskandar dan Eddy M. Hidayat. (1997). Pendidikan Pancasila dan

Kewarganegaraan. Jakarta: Depdikbud.

Suharsimi Arikunto. (2001). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Udin S.W. (1992) Materi Pokko Strategi Belajar Mengajar PKn. Jakarta: Depdikbud.

Wardani, dkk. (2004). Pemantapan Kemmapuan Profesional (Panduan). Jakarta: Universitas

Terbuka.

Published
2012-07-01
How to Cite
NuryatiN., & YuliasihS. (2012). PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS V SDN SAWAH III GIRISEKAR KECAMATAN PANGGANG KABUPATEN GUNUNG KIDUL. Academy of Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.47200/aoej.v3i2.88