PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARANPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAHDASAR NEGERI GAMBIRAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.47200/aoej.v3i1.84Keywords:
Media Visual, Peningkatan Hasil Belajar.Abstract
Penilaian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media visual terhadap peningkatan prestasi hasil belajar siswa mata pelajaran PKn di Sekolah Dasar Negeri Gambiran Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SD Negeri Gambiran berjumlah 90 siswa dan sampel ialah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gambiran Yogyakarta. Jenis yang digunakan adalah jenis kuantitatif, dan untuk teknik pengumpulan data menggunakan test yang terdiri dari pre test dan post test agar dapat mencukupi data yang dibutuhkan penulis, dokumentasi dan observasi, sedangkan untuk menganalisa data menggunakan analisis data menggunakan analisis data tes dilakukan dengan menghitung harta “t”. Dari hasil hitungan yang diperoleh harga “t” = 3,94. Pengujian hipotesis dengan mengkonsultasikan harga “t” hitung dengan “t” table, pada taraf signifikansi 5%, dengan degree of freedom db=Nx + Ny -2. Harga “t” table= 2,04 untuk taraf signifikasi 5% dan 2,75 untuk taraf signifikansi 1%. Dengan demikian harga “t” hitung lebih besar dari harga “t” table atau 2,04 < 3,94> 2,75. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media visual berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn kelas IV di SD Negeri Gambiran Yogyakarta.