STRATEGI SORTIR KARTU KOLABURASI DEBAT AKTIF UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARAN PKn SISWA SMK

Authors

  • Eka Wahyu Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.47200/aoej.v3i1.83

Keywords:

Strategi, Sortir Kartu Kolaburasi Debat Aktif, Peningkatan Keaktifan, PKn, Siswa SMK

Abstract

Keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sangat kurang. Hal tersebut berdampak pada kurangnya pemahaman siswa pada materi yang diajarkan guru. Jumlah siswa SMK Negeri 2 Purwodadi kelas X TKR 2 adalah 36 siswa. Dari jumlah tersebut hanya 10 siswa saja yang aktif sisanya bersikap pasif. Tentunya hal tersebut menyisakan suatu permasalahan yang harus segera diselesaikan. Saat pelajaran di kelas semua siswa diharapkan untuk ikut aktif dalam proses pembelajaran, dengan demikian maka siswa akan lebih mudah untuk memahami materi yang akan disampaikan guru di kelas. Penerapan strategi pembelajaran sortir kartu dan debat aktif telah mampu meningkatkan keaktifan bertanya dan berpendapat serta menjawab pertanyaan hingga sebanyak 32 (80%) siswa. Peningkatan keaktifan bertanya dan berpendapat serta menjawab pertanyaan diamati melalui kegiatan presentasi tiap kelompok (strategi kartu sortir dan debat aktif). Kemampuan siswa dalam bertanya dan berpendapat meningkat serta menjawab pertanyaan yaitu sebelum adanya penelitian siswa yang aktif bertanya dan serta berpendapat sebanyak 8 siswa atau 20%. Pada putaran I sebanyak 20 atau 50% siswa, pada putaran II sebanyak 32 atau 80% siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-01-01

How to Cite

Kurniawan, E. W. (2012). STRATEGI SORTIR KARTU KOLABURASI DEBAT AKTIF UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARAN PKn SISWA SMK. Academy of Education Journal, 3(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v3i1.83