EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN ISLAM

  • Sri Luthfiah
Keywords: Evaluasi, Program Pendidikan Islam

Abstract

Evaluasi pendidikan merupakan suatu proses yang dilakukan oleh guru untuk mengetahui, memahami dan menggunakan hasil kegiatan siswa atau peserta didik dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam struktur sistem pembelajaran, evaluasi sering ditempatkan pada bagian akhir dari semua proses dan tahapan pembelajaran. Hal ini dikarenakan evaluasi memang difungsikan sebagai alat untuk memonitor jalannya proses belajar mengajar dan dijadikan dasar untuk menentukan arah dan perbaikan proses pembelajaran selanjutnya. Al- Qur’an sebagai dasar dari segala disiplin ilmu termasuk ilmu pendidikan Islam, secara implicit telah memberikan deskripsi tentang evaluasi pendidikan dalam Islam. Evaluasi pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strategis karena hasil dari kegiatan evaluasi dapat digunakan sebagai input untuk melakukan perbaikan dalam kegiatan belajar. Ajaran Islam yang juga menaruh perhatian yang besar terhadap evaluasi. Allah berfirman dalam Al-Qur’an yang memberitahukan pada kita, bahwa evaluasi terhadap manusia didik merupakan tugas penting dalam rangkaian proses pendidikan yang harus dilakukan oleh pendidik. Adapun aspek-aspek yang menjadi ruang lingkup program pendidikan Islam yaitu: (1) Hubungan Manusia dengan Allah SWT. Hal pertama kali harus ditanamkan pada peserta didik. Ruang lingkup program pengajarannya, meliputi segi iman, ke-Islaman dengan pokok-pokok Rukun Islam dan keikhlasan sebagai hasil perpaduan Iman dan Islam yang diwujudkan dalam perbuatan kebajikan dalam melaksanakan hubungan diri dengan Allah SWT. (2) Hubungan Manusia dengan sesama manusia. Hubungan manusia dengan sesamanya sebagai hubungan hrizontal dalam suatu kehidupan masyarakat yang menempati prioritas kedua dalam ajaran islam. Dalam hal ini peranan kebudayaan sangatlah besar, begitu pula dengan dan tugas seorang guru yang berusaha menumbuh kembangkan pemahaman anak didik agar mengikuti tuntutan agama dalam menjalankan kehidupan sosial, karena dalam kehidupan bermasyarakat inilah akan tampak citra dan makna islam melalui tingkah laku pemeluknya.

References

Abdul Mujib, Muhaimin, (1993), Pemikiran Pendidikan Islam, kajian Filosofis dan Kerangka

Dasar Operasionalisasinya, Bandung: Triagenda Karya.

Arief, Armai, (2002), Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers.

Arifin, M, (2006), Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan

Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara.

Faesal, Jusuf Amir, (1995), Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Gema Insani Press.

Nasih, Ahmad Munjin, dkk, (2009), Metode Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,

Bandung: Revika Aditama.

Nata, Abudin, (1997), Filsafat Pendidikan Islam I, Jakarta: Wacana Ilmu.

Nizaar, M. Samsul, (2002), Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis Teoritis dan Praktis,

Jakarta: Ciputat Pers.

Rusyan, A. Tabrani dkk, (1992), Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung:

Remaja Rosda Karya.

Shaleh, Abdul Rachman, (2002), Pendidikan Agama dan Keagamaan, Jakarta: Gemawindu

Pancaperkasa.

Sudijono, Anas, (2001), Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Published
2012-01-01
How to Cite
Luthfiah, S. (2012). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN ISLAM. Academy of Education Journal, 3(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v3i1.82