STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA SMK MATA PELAJARAN PKn

  • Ahmad Nasir Ari Bowo
Keywords: Strategi, Indek Card Match, Pemahaman, Siswa SMK

Abstract

Proses pembelajaran di kelas pasti ada masalah yang dihadapi oleh seorang guru. Dasar Negara dan Hubungan Konstitusi merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Kemampuan siswa dalam memahami materi ini sangat kurang. Jumlah siswa SMK Negeri 2 Purwodadi kelas X TKB 1 berisi 33 siswa. Dari jumlah tersebut hanya 13 siswa saja yang aktif dalam mengikuti materi Dasar Negara dan Hubungan Konstitusi, sisanya bersikap pasif yaitu 20 orang. Tentunya hal tersebut menyisakan suatu permasalahan yang harus segera diselesaikan. Hasil observasi dan refleksi pada tindakan kelas siklus II dievaluasi bersama guru kelas. Maka dari itu diperoleh tindakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru bersama peneliti yang sesuai dengan harapan yaitu: 1) Pemahaman peserta didik dalam pembelajaran mengalami peningkatan yang cukup baik. 2) Pemahaman peserta didik dalam mengikuti pembelajaran meningkat, dilihat dari hasil penilaian tugas yang dilakukan oleh peneliti. 3) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan (62,06% - 86,20%) yang sangat berarti, ini terlihat pada hasil nilai siklus yang semakin meningkat. 4) Pembelajaran dengan strategi Index Card match dapat meningkatkan (86,20%) pe-mahaman peserta didik dalam materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia. 5) Berdasarkan pembelajaran secara keseluruhan dari tindakan kelas siklus I sampai berakhirnya siklus II, usaha untuk mengatasi permasalahan yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia sudah mengalami perubahan yang positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiyanto, Hari dkk. 2009. “Penggunaan Strategi Kartu Indeks Berpasangan untuk

Meningkatkan Penguasaan Konsep IPS pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 2 Gatak

Sukoharjo”. (Program Pendidikan Profesi).Surakarta: FKIP UMS.

Hamalik, Oemar.1998.Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta:Bumi Aksara.

Listyarti, Retno dan Setiadi.2006.Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMK dan MAK Kelas

X.Jakarta:PT Gelora Aksara.

Malian, Sobirin dan Suparman Marzuki. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan dan Hak-hak

Asasi Manusia. Yogyakarta: UII Press.

Miles, B. Matthew, dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber

tentang Metode-Metode Baru). Jakarta: UIP.

Moleong. 2004. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya bandung.

Nawawi, Hadari dan H.M. Martini Hadari. 1992. Instrumen Penelitian Bidang Sosial.

Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi

Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Silberman. 2001. Active Learning. Yogyakarta: YAPPENDIS.

Suyanto. 2010.”Implementasi Pembelajaran Kooperatif dengan Index Card Match Untuk

Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 2 Wukirsrawit

Jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun 2009/2010”.( Skripsi, Sarjana-1). Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang

Kreatif dan Efektif). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Usman, Moh Uzer dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Me-ngajar

(Bahan Kajian PKG, MGSB, MGMP). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zaini, Hisyam dkk. 2002. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

Published
2012-01-01
How to Cite
Ari BowoA. (2012). STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA SMK MATA PELAJARAN PKn. Academy of Education Journal, 3(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v3i1.81