IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI STRATEGI PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA DI ERA GLOBALISASI

  • Riswati Ashifa Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Pancasila, formation, character of the nation

Abstract

The purpose of this study is to provide an overview of the values ​​of Pancasila as a national character development strategy in the era of globalization, whether they have been implemented properly or not. The research method that I use in this research uses non-interactive qualitative methods. The results of this study indicate that character building has been carried out by all means, but until now it has not been implemented optimally. This can be seen from the large economic, political and social disparities, unjust rule of law, corruption, collusion and nepotism that spread to all sectors. Seeing the dire situation and condition of the nation's character, our government took the initiative to prioritize the character building of the Indonesian nation. This can be seen from the national development mission itself which consists of eight missions and character education is the first mission in realizing the vision of national development.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asatawa, I., & Ari, P. (2017). Pancasila Sebagai Ideologi Dalam Berbagai Bidang Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara.

Asikin, I. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Di Lingkungan Keluarga. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 434-444.

Borba, Michele (2008). Membangun kecerdasan moral. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Budimansyah, Dasim. 2010. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Damanhuri, D., Bahrudin, F. A., Legiani, W. H., & Rahman, I. N. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2).

Eri Hendro Kusuma. Implementasi pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler di sman 02 kota batu. Universitas Negeri Malang. Tanggal 1 desember 2013. (artikel)

Fauzi, F. Y., Arianto, I., & Solihatin, E. (2013). Peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam upaya pembentukan karakter peserta didik. Jurnal PPKn UNJ Online, 1(2), 1-15

Hasanah, N. (2021). Sumber sosiologis pancasila sebagai ideologi negara.

Implementasi Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa MelaluiPendidikan Karakter, PPS Universitas Terbuka, Jakarta, 2010

Istadi, Irawati. 2007. Melipatgandakan Kecerdasan Emosi Anak. Bekasi: Pustaka Inti.

Kaelan. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

Kemendiknas RI, Disain Induk Pendidikan Karakter, Jakarta, 2010

Kementrian Pendidikan Nasional (2011). Hibah penyusunan buku model pendidikan karakter di perguruan tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Marinasari Fithry Hasibuan, S.Ag., M.Pd. (2013). Efektivitas pengelolaan kelas dalam membentuk karakter bangsa pada peserta didik. Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Medan.

Moleong, L. J. (2004). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho Triatmojo, Pendidikan Kewarganegaraan, Karakter Bangsa

Samsuri. Mengapa (Perlu) Pendidikan Karakter? Kaji Ulang Pengalaman di FISE Universitas Negeri Yogyakarta (Bahan Sosialisasi Mata Kuliah Pendidikan Karakter di FISE UNY di Wonosobo, 14 Januari 2011)

Sri Wahyuni Tanzil, M.Pd. Pembangunan kemandirian warga negara melalui pendidikan kewarganegaraan pada lingkungan pondok pesantren (Studi Kasus Pada Lingkungan Pondok Pesantren Cipasung Tasikmalaya).

Suaila, A., & Krisnan, J. (2019). Menggali kembali peran Pancasila sebagai ideologi bangsa dan dasar negara dalam pembangunan hukum nasional di era global. Law and Justice, 4(1), 46-55.

Suneki, S. (2012). Dampak globalisasi terhadap eksistensi budaya daerah. CIVIS, 2(1/Januari).

Udin Saripudin Winataputra, Jatidiri Pendidikan Kewarganegaraan sebagai wahana Pendidikan

Demokrasi, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (Disertasi), Bandung,2001

Usmi Karyani. Pendidikan karakter di sekolah: Apakah menjadikan anak-anak lebih baik? Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tanggal 21 April 2012

Winarno. (2020). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi. Surakarta: Bumi Aksara.

Yulita Muspitasari (2012). Implementasi pendidikan karakterpada sekolah berasrama (boarding school) di madrasah aliyah negeri 1 surakarta.

Published
2021-07-01
How to Cite
Ashifa, R., & Dewi, D. (2021). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI STRATEGI PEMBANGUNAN KARAKTER BANGSA DI ERA GLOBALISASI. Academy of Education Journal, 12(2), 215-226. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.682