PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL OLEH GURU PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PLERET GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SECARA EFISIEN
DOI:
https://doi.org/10.47200/aoej.v7i2.408Keywords:
Pemanfaatan media digital, guru, hasil belajar, PKn, siswa SMA.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) Untuk mengetahui hasil belajar PKn siswa ketika guru menggunakan media pembelajaran berbasis digital, (2) Untuk mengetahui bagaimana cara guru memanfaatkan media digital dalam proses pembelajaran, (3) Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru dalam menggunakan media digital dalam proses pembelajaran PKn.
Penelitian ini secara spesifik lebih diarahkan pada desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data. Maka dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif untuk menjelaskan tentang pemanfaatan media digital oleh guru pada siswa kelas X SMA N 1 Pleret guna meningkatkan hasil belajar siswa secara efisien. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemanfaatan media pembelajaran berbasis digital dalam meningkatkan hasil belajar PKn di SMA N Pleret sebagai berikut: Secara umum pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan guru di SMA N 1 Pleret cukup baik dan maksimal. Untuk media pembelajaran PKn sudah menggunakan LCD meskipun guru harus membawa laptop sendiri serta dalam ulangan harian maupun ujian tengah semester (UTS) rata-rata hasil belajar PKn diatas nilai KKM, adapun nilai KKM di SMA N 1 Pleret pada mata pelajaran PKn adalah 7,5.
Downloads
References
Ali, Muhammad. 2014. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Asyhar, Rayandra. 2013. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Referensi. Eprints.uny.ac.id
Hamzah Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis dibidang pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Helwiya. 2015. Hasil Belajar Siswa. Surabaya: Kresna Bina Insan Prima.
Jihad dan Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kosasih, A dan R. Angkowo. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2006
Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014
Ruangguru.co.id
Sudjana.2017. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kurnia, H. (2014). PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA UNIVERSITASCOKROAMINOTO YOGYAKARTA. Academy of Education Journal, 5(2). https://doi.org/10.47200/aoej.v5i2.120
Sugiyono. 2018. Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suprijono. 2013. Cooperative Learning dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyono. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya