MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 3 BANTUL

  • Muh Fauzi Hartono
Keywords: hasil belajar PKn, Siklus Belajar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui Siklus Belajar siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Bantul. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes tertulis. Data yang diperoleh berupa tes hasil belajar sebagai data primer dan data observasi sebagai data skunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan teknik persentase untuk hasil tes dan deskriptif kualitatif untuk observasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Siklus Belajar Untuk meningkatkan hasil mata pelajaran Pendidikan kewarganegaran. Nilai rata-rata kelas meningkat, dari nilai pra tindakan menunjukkan nilai rata-rata siswa 64,97 dan siswa yang mendapat nilai tertinggi 93 dan terendah 41 dengan jumlah siswa 32 dan yang memenuhi nilai KKM 70 atau 56,25%. Setelah dilakukan tindakan dengan model Siklus belajar di siklus I, hasil tes pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 71,03 dan siswa yang mendapat nilai tertinggi 93 dan terendah 46 dengan persentase 61,8 % . Pada siklus II, nilai rata-rata siswa juga meningkat menjadi 75,80 dan siswa yang mendapat nilai yang memenuhi KKM 75 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas

http://www.scribd.com/doc/16315603/Model-Siklus-Belajar di akses tanggal 5 Maret 2013 pukul 15.00 WIB

Kasbolah, Kasihani E. S. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud

Kusumah, W. & Dwitagama, D. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks

Moedjiono & Dimyati, Moh. 1993. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud

Mulyasa, E (2006) Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ngalim Purwanto. (1991). Psikologi Pendidikan . Bandung: Rosdakarya.

Oemar Hamalik (2005). Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito

Oemar Hamalik.(2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Prasetyo, Zuhdan K. 2004. Kapita Selekta Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme `Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 1991. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY

_______. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

_______. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Yulianti, K. (2004). Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) pada Pembelajaran Barisan dan Deret dalam Upaya Meningkatkan Koneksi Matematik Siswa. Skripsi UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan

Published
2017-07-01
How to Cite
HartonoM. (2017). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 3 BANTUL. Academy of Education Journal, 8(2), 270-285. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.373