PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS X SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Authors

  • Evi Yuliani Wandasari

DOI:

https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.371

Keywords:

Penggunaan Media dan Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian adalah ingin mengetahui adakah pengaruh penggunaan media pendidikan dalam meningkatkan prestasi belajar bidang studi PKn pada siswa kelas X SMK Perindustrian Yogyakarta.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan populasi berjumlah 120 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, dan teknik analisis yang dipakai untuk menentukan kualifikasi manfaat dengan menggunakan prosesntase.

Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran 75,594 % (cukup), penggunaan media dalam pembelajaran hasilnya 77,517 % (cukup), sedangkan sedangkan prestasi belajar adalah 82, 895 % (baik) dan manfaatnya dengan evaluasi adalah 74,898 % masuk kategori cukup. Analisis korelasi menunjukkan adanya korelasi positif antara penggunaan media dengan prestasi belajar siswa, dengan harga kefisien korelasi rxy = 0,4717. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pendidikan dapat meningkatkan prestasii belajar bidang studi PKn pada siswa kelas X SMK Perindustrian Yogyakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi II, Jakarta: Balai Pustaka.

Kartini Kartono, (1990). Psikologi Anak, Jakarta: Mandar Maju.

Kuntjaraningrat, (1966). Metodologi Pendidikan Masyarakat, Jakarta: Gramedia.

Masri Singarimbun, (1986). Pedoman Praktis Membuat Usulan Penelitian, Ghalia Indonesia.

Nana Sudjana, (1991). Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah, Bandung: Sinar Baru.

Oemar Malik, (1996). Media Pendidikan, Bandung: Tarsito.

Rachmad Jatun, (1989). Dasar Pendidikan, Surakarta.

Suharsimi Arikunto, (1990). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Bina Aksara.

----------, (1993). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sutrisno Hadi, (1980). Metodologi Riset Jilid III, Jogjakarta: Fakultas Psikologi UGM.

----------, (1981). Statistik II, Jogjakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Kurnia, H. (2014). PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA UNIVERSITASCOKROAMINOTO YOGYAKARTA. Academy of Education Journal, 5(2). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/120

Soegardo Purbocaroko, (1980). Ensiklopedi Pendidikan, Jakarta: Karya Aksara.

Totok Santoso, (1988). Peningkatan Mutu Pendidikan Sebagai Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Winarno Surachmat, (1975). Dasar-Dasar Teknik Riset dan Pengantar Metodologi, Bandung: Tarsito.

WJS Purwodarminto, (1990). Kamus Umum Inggris Indonesia, Bandung: Hasta.

Downloads

Published

2017-07-01

How to Cite

Wandasari, E. Y. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKN SISWA KELAS X SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Academy of Education Journal, 8(2), 200–225. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.371