UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MATERI LEMBAGA PEMERINTAH PUSAT MELALUI MODEL COOPERATIVE TIPE MAKE A MATCH KELAS IV SDN 2 GERDUREN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016
DOI:
https://doi.org/10.47200/aoej.v7i1.351Keywords:
Pendidikan Kewarganegaraan, Cooperative, Make A Match, hasil belajarAbstract
Penelitian dengan judul Upaya Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Lembaga Pemerintah Pusat Melalui Model Cooperative Tipe Make A Match Kelas IV SDN 2 Gerduren dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh faktor guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Melalui Model Cooperative Tipe Make A Match Kelas IV SDN 2 Gerduren pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi lembaaga pemerintah pusat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, terdiri atas tahap perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi.
Hasil dari siklus I menunjukan rata-rata prestasi belajar sebesar 71,2 dengan persentase ketuntasan 64% yaitu 16 siswa tuntas pada siklus I dari 25 siswa . Hasil dari siklus II menunjukan rata-rata 76 dengan persentase ketuntasan 84% yaitu 21 siswa tuntas pada siklus 2 dari 25 siswa. Hasil dari tes siklus I dan siklus II telah melebihi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal yang mensyaratkan nilai rata-rata ≥ 75 dan prosentase kelulusan 84%. Perolehan skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 2,3 dengan kriteria sangat baik dan pada siklus II skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 3,3 dengan kriteria siswa sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa motivasi dan prestasi Hasil Belajar PKn Materi Lembaga Pemerintah Pusat Melalui Model Cooperative Tipe Make A Match Kelas IV SDN 2 Gerduren mengalami peningkatan.
Downloads
References
Arikunto. S, Dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah. S.B. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Basyirudin usman, Asnawir. 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta
Fathurrohman, P dan Sobry S. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.
Hanafiah dan Cucu S. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Joyce, Bruce dan Marsya Weil. (1992). Models of Teaching. USA: Allyn and Bacon.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Prasada
Panut, Dkk. 2005. Dunia sains. Jakarta: Yudistira.
Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Slameto, (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Slavin. E.R. 2010. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Prasada.
Sudjana, N. 2009. Penilaian proses hasil belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Anas. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PIKEM, Yogyakarta: Pustaka Belajar
Taniredja, Tukiran. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif, Bandung: Alfabeta, cet . II