PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG GERHANA BULAN DAN MATAHARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SD NEGERI 1 KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

  • Marsiyah Marsiyah
Keywords: Metode demonstrasi, Hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa VI SD Negeri 1 Kaliwangi kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Penerapn metode demonstrasi dalam kegiatan pembelajaran dimungkinkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan gerhana bulan dan matahari. Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS kelas VI SD Negeri 1 Kaliwangi. dilaksanakan dua siklus, dengan acuan setiap siklus dilakukan sekali pertemuan pembelajaran. Sedang teknik pengumpulan data dengan pengambilan tes di akhir pembelajaran, serta menganalisis data kuantitatif menggunakan metode analitis deskritif komparatif, dengan membandingkan masing-masing siklus. Subyek penelitian siswa kelas VI SD Negeri 1 Kaliwangi dengan jumlah sebanyak 14 siswa. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa dengan penerapan metode demonstrasi, hasil belajar siswa menunjukkan ada kenaikan pada setiap tahapan siklus. Hal tersebut dapat diketahui dari adanya peningkatan dari kondisi awal siswa yang tuntas adalah 57%, pada
saat siklus I menjadi 79%, sedangkan pada siklus II mencapai 86%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. (1998). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Apolo Lestari.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunarsa, Singgih D. (2003). Psikologi Perkembangan. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Walgito, B. (1981). Pengantar Psikologi Umum, diterbitkan oleh Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.

Djalil Aria, dkk. (2011). Pembelajaran Kelas Rangkap. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta. Kencana Prenanda Group.

Hatimah Ihat, dkk. (2010). Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta : Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Poerwadarminta. (1984). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Taufik, A., dkk. (2011). Pendidikan Anak di Sekolah Dasar, Jakarta: Universitas Terbuka.

Salahuddin, M. (1990). Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu.

Hamalik, O. (2001), Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinarbaru Algessindo.

TIM-FKIP. (2009). Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM)- PGSD. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Syah, M. (2008). Psikologi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Padmono, Y. (1998). Modul Managemen Kelas. Surakarta: FKIP UNS.

Darmansyah. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS : Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Samlawi, F., dkk. (1999). Konsep Dasar IPS. Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Rivai, Veithzal. & Sagala, E.J. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Bloom, Benyamin. (2011). Strategi Pembelajaran. Jakarta. Pusat Penerbit: Universitas Terbuka.

Brownell,William. (2012). Pendidikan Matematika I. Tangerang Selatan. Penerbit: Universitas Terbuka.

Direktorat Ketenagaan. (2009). Perspektif Pendidikan SD. Jakarta. Penerbit: Universitas Terbuka.

Gagne. (2011). Strategi Pembelajaran. Jakarta. Pusat Penerbit: Universitas Terbuka.

Gestalt. (2011). Strategi Pembelajaran. Jakarta. Pusat Penerbit: Universitas Terbuka.

Joyce, Bruce dan Weil, Marsha (2014). Pembelajaran Kelas Rangkap. Tangerang Selatan. Penerbit: Universitas Terbuka.

R. Hilgard, Ernest. (2011). Strategi Pembelajaran. Jakarta. Pusat Penerbit: Universitas Terbuka.

Romizoswki. (2011). Strategi Pembelajaran. Jakarta. Pusat Penerbit: Universitas Terbuka.

Susilo, Herawati. (2011). Strategi Pembelajaran. Jakarta. Pusat Penerbit: Universitas Terbuka.

Wardani, dkk. (2005). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta. Pusat Penerbit: Universitas Terbuka.

Gestalt. (2011) . Modul 2. Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Brownell, William. (2012). Pendidikan Matematika I. Tangerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka.

R. Hilgard, Ernest. (2011). Modul 2. Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Crow. (2012). Peningkatan Mutu Dan Minat Belajar IPS Melalui Cooperative Learning Model STAD Di Kelas 7A SMPN 1 Ajibarang. Jurnal Paedagog, 14 (7), hal.4.

Bloom, Benyamin. (2011). Modul 2. Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Romizoswki. (2011). Modul 2. Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Direktorat Ketenagaan. (2009). Modul 8. Kurikulum Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan SD. Jakart: Penerbit Universitas Terbuka.

Kurikulum 2004. (2012). Modul 2. Pendekatan Dalam Pembelajaran IPA SD: Pembelajaran IPA di SD. Tangerang Selatan: Penerbit Universitas Terbuka.

TIM-Mills. (2012). (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Cooperative Learning Dengan Model STAD Di Kelas IX-B SMPN 2 Kedungbanteng Tahun Pelajaran

-2012. Jurnal Paedagog, 15 (7), hal.134.

Joyce, Bruce dan Weil, Marsha.(2014).Pembelajaran Kelas Rangkap. Tangerang Selatan. Penerbit: Universitas Terbuka

Published
2016-01-01
How to Cite
MarsiyahM. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG GERHANA BULAN DAN MATAHARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SD NEGERI 1 KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Academy of Education Journal, 7(1), 53-66. https://doi.org/10.47200/aoej.v7i1.350