PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI POKOK JENIS-JENIS PEKERJAAN MELALUI MODEL EXPERIENTAL LEARNING PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 2 KARANGTALUN KIDUL KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

  • Sri Praeni
Keywords: Hasil belajar, IPS, dan model experiential learning

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri sidamulya. Adapun tujuannya adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri sidamulya dengan menggunakan model experiential learning pada mata pelajaran IPS dengan materi jenis-jenis pekerjaan. Penelitian ini dilakukan 2 siklus. Hasil pra siklus menunjukkan nilai rata-rata 52 dengan persentase ketuntasan siswa 42%, setelah diterapkan model experiential leaning pada siklus I menjadi 66,25 dengan persentase ketuntasan siswa 78%. Dan pada siklus II menjadi 87 dengan persentase ketuntasan siswa 92%. Dengan melihat hasil pembelajaran maka dapat disimpulkan bahwa menggunakkan model experiential learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri sidamulya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi pokok jenis-jenis pekerjaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Poerwadarminta,WJS 1995. Kamus Populer Bahasa Indonesia. Jakarta, Gramedia

Djamarah, Syaiful Bahri, 2008. Psikologi Belajar. Jakarta Rineka Cipta.

Slameto. 1999. Belajar Dan Pembelajaran Jakarta, Rineka Cipta.

Purwanto, Ngalim 2005 Psikologi Pendid.ikan Bandung Remaja RosdaKarya.

Wulandari, Sriesti 2000. Psikologi Pendidikkan. Jakarta Rajawali Press.

Nasution, S 1990. Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta Rajawali press.

Surahmad, Winarno 2000. Proses Belajar Mengajar. Jakarta Rineka Cipta.

Kasim, 2008. Pembelajaran IPS Di SD. Jakarta , Balai Pustaka

Yaba,2006. Pelajaran IPS Untuk Sekolah Dasar. Jakarta, Airlangga

Nasution, S 2009. Model Pembelajaran. Jakarta Rineka Cipta.

Baharudi, dkk. 2007. Model-Model Pembelajaran. Jakarta Quantum Teaching.

Silberman, Melvin L 2006. Active Learning. Bandung, Kaifa.

Published
2016-01-01
How to Cite
Praeni, S. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI POKOK JENIS-JENIS PEKERJAAN MELALUI MODEL EXPERIENTAL LEARNING PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 2 KARANGTALUN KIDUL KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Academy of Education Journal, 7(1), 45-52. https://doi.org/10.47200/aoej.v7i1.349