PENGUNAAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 3 PURWOJATI SEMESTER I TAHUN PEAJARAN 2015/ 2016

  • Taonah Taonah
Keywords: Motivasi keaktifan, Prestasi belajar dan Metode picture and picture

Abstract

Masalah yang menjadi fokus perbaikan : (1). Masih rendahnya prestasi pembelajaran siswa pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan; (2). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode picture and picture. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1). Untuk meningkatkan prestasi belajar IPA dengan materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan bagi siswa kelas IV SD Negeri 3 Purwojati, UPK Purwojati Dinas Pndidikan Kabupaten Banyumas pada semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan melalui proses pengkajian bersiklus yang terdiri
dari empat tahapan (perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi) dalam dua siklus perbaikan pembelajaran. Dari hasil analisis, simpulan yang diperoleh dari penelitian : (1). Belajar; (2). Penggunaan metode picture and picure pada pembelajaran mampu memberikan motivasi siswa sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran; (3). Ada kolerasi positif antara keakifan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa, semakin tinggi
keaktifan siswa, semakin pula keberhasilan siswa dalam pembelajaran, hal ini ditunjukan dari evaluasi siswa yang meningkat yaitu pada pra siklus tingkat ketuntasan siswa mencapai 3 siswa dari 18 siswa 16,7%, pada siklus I tingkat ketuntasan belajar mencapai 8 siswa yang tuntas dari 18 siswa 44,4% dan pada siklus II tingkat ketuntasan belajar mencapai 16 siswa dari 18 siswa 88,8%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Belly, Ellya dkk. 2006. Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntasi. Simposium Nasional Akuntasi 9 Padang.

Bob dan Anik Anwar. 1983. Pedoman Pelaksanaan Menuju Pra Seleksi Murni. Bandung : Ganesa Exact.

Dimyati dan Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyono M. 2009. Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Mustaqim Burhan, Astuty Ary. 2008. Ayo Belajar Matematika untuk SD dan MI Kelas IV. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan.

Nasoetion, Andi Hakim. 1980. Landasan Matematika. Jakarta : Bharata Aksara.

Oemar Hamalik. 1993. Metode Mengajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito.

Suciati, Durri Andriani. 1997. Metode Penelitian. Jakarta : Universitas terbuka.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Suharsimi Arikunto. (1993). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suharsimi Arikunto. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Politik. Jakarta Rineka Cipta.

Tim FKIP. 2013. Pemantapan Kemampuan Profesional, cet I. Tangerang Selatan : Universitas terbuka.

Tim Penyusun Kamus Pusat dan Pengembangan Bahan. 1994. Kamus Besar Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Winataputra Udin S, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar cet. 19. Jakarta : Universitas terbuka.

Published
2016-01-01
How to Cite
Taonah, T. (2016). PENGUNAAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 3 PURWOJATI SEMESTER I TAHUN PEAJARAN 2015/ 2016. Academy of Education Journal, 7(1), 36-44. https://doi.org/10.47200/aoej.v7i1.348