UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBULATAN BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI KELAS IV SD NEGERI 3 PURWOJATI TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014
DOI:
https://doi.org/10.47200/aoej.v7i1.347Keywords:
Metode pembelajaran demonstrasi, Minat dan, Hasil belajarAbstract
Berdasarkan hasil observasi kondisi awal sebelum penelitian tindakan kelas minat dan hasil belajar banyak yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal, siswa belum paham tentang pembulatan bilangan sehingga siswa banyak yang belum minat dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika materi pembulatan bilangan bagi siswa kelas IV SD Negeri 3 Purwojati Semester I Tahun Pelajaran 2014 / 2015 melalui model pembelajaran Demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan pada minggu kedua bulan September sampai minggu ketiga bulan September 2014 bertempat di SD Negeri 3 Purwojati. Adapun yang digunakan sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Purwojati dengan jumlah siswa sebanyak 18 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan model pembelajaran Demonstrasi yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Siklus I menggunakan model pembelajaran Demonstrasi dalam
kelompok besar, pada siklus II menggunakan model pembelajaran Demonstrasi dengan kelompok kecil. Pada siklus II diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata kelas dari kondisi studi awal rata-rata ulangan harian. Tes siklus I rata-rata 50,8 dan siklus II rata-rata 77,22. Sedangkan ketuntasan belajar siswa ada peningkatan dari kondisi studi awal yang sudah tuntas pada ulangan harian adalah 4 siswa. Siklus I yang tuntas 4 siswa dan pada akhir siklus II yang tuntas 18 siswa dari jumlah 18 siswa. Dengan demikian sebagian besar siswa kelas IV SD N 3 Purwojati mengalami peningkatan hasil belajar.
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Belly, Ellya dkk. 2006. Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntasi. Simposium Nasional Akuntasi 9 Padang.
Bob dan Anik Anwar. 1983. Pedoman Pelaksanaan Menuju Pra Seleksi Murni. Bandung : Ganesa Exact.
Dimyati dan Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyono M. 2009. Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Mustaqim Burhan, Astuty Ary. 2008. Ayo Belajar Matematika untuk SD dan MI Kelas IV. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan.
Nasoetion, Andi Hakim. 1980. Landasan Matematika. Jakarta : Bharata Aksara.
Oemar Hamalik. 1993. Metode Mengajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito.
Suciati, Durri Andriani. 1997. Metode Penelitian. Jakarta : Universitas terbuka.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Suharsimi Arikunto. (1993). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Suharsimi Arikunto. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Politik. Jakarta Rineka Cipta.
Tim FKIP. 2013. Pemantapan Kemampuan Profesional, cet I. Tangerang Selatan : Universitas terbuka.
Tim Penyusun Kamus Pusat dan Pengembangan Bahan. 1994. Kamus Besar Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Winataputra Udin S, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar cet. 19. Jakarta : Universitas terbuka.