UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENGGUNAAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 KALIWANGI TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016
DOI:
https://doi.org/10.47200/aoej.v7i1.346Keywords:
Alat bantu, Hasil belajar, Lompat jauh, Gaya jongkokAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui penggunaan alat bantu pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Kaliwangi Tahun Ajaran 2015/ 2016.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 14 siswa. Dari hasil analisa data diketahui bahwa, hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan adalah 6 siswa (43%) tuntas belajar dan 8 siswa (57%) belum tuntas belajar. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 64% yaitu 9 siswa telah tuntas belajar dan 5 siswa (36%) belum tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 79% yaitu 11 siswa telah tuntas belajar dan 3 siswa (21%) belum tuntas belajar.
Simpulan penelitian ini adalah melalui penggunaan alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa Kelas VI SD Negeri 1 Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/ 2016.
Downloads
References
Agus Kristiyanto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Jasmani dan Kepelatihan Olahraga. Surakarta: UNS Press
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Bollesteros. 1979. Theories of Learning. East Norwalk, CT, US: Appleton-Century-Crofts.
Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi (Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas
Jewwet, Ennis, and Bain. 1995. Action Learning. New York: Hart Publishing Co.
Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Bandung: Erlangga.
Suherman. (2003). Pengembangan Pembelajaran
Nasution. 2002. Berbagai Pendekatan dalam Proses belajar dan Mengajar. Bandung: Bumi Akasara
Padmono. 2002. Penelitian Tindakan Kelas I. Surakarta: UNS
Soekidjo. 2003. Pengetahuan Olahraga. Jakarta: CV Baru
Sukintaka. 1992. Olahraga Teknik dan Program Latihan dan Akademik, Jakarta: Persindo.
Sunaryo Kartadinata. 2002. Bimbingan di Sekolah Dasar. Bandung: CV Maulana
Suyadi. (2013). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: DIVA Press.
Syamsir Aziz. 1998. Permainan Kecil di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.