UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENGGUNAAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 KALIWANGI TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Authors

  • Suroso Suroso

DOI:

https://doi.org/10.47200/aoej.v7i1.346

Keywords:

Alat bantu, Hasil belajar, Lompat jauh, Gaya jongkok

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui penggunaan alat bantu pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Kaliwangi Tahun Ajaran 2015/ 2016. 

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 14 siswa. Dari hasil analisa data diketahui bahwa, hasil belajar siswa sebelum diadakan tindakan adalah 6 siswa (43%) tuntas belajar dan 8 siswa (57%) belum tuntas belajar. Pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 64% yaitu 9 siswa telah tuntas belajar dan 5 siswa (36%) belum tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 79% yaitu 11 siswa telah tuntas belajar dan 3 siswa (21%) belum tuntas belajar. 

Simpulan penelitian ini adalah melalui penggunaan alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa Kelas VI SD Negeri 1 Kaliwangi Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/ 2016.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Kristiyanto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Jasmani dan Kepelatihan Olahraga. Surakarta: UNS Press

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Bollesteros. 1979. Theories of Learning. East Norwalk, CT, US: Appleton-Century-Crofts.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi (Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas

Jewwet, Ennis, and Bain. 1995. Action Learning. New York: Hart Publishing Co.

Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Bandung: Erlangga.

Suherman. (2003). Pengembangan Pembelajaran

Nasution. 2002. Berbagai Pendekatan dalam Proses belajar dan Mengajar. Bandung: Bumi Akasara

Padmono. 2002. Penelitian Tindakan Kelas I. Surakarta: UNS

Soekidjo. 2003. Pengetahuan Olahraga. Jakarta: CV Baru

Sukintaka. 1992. Olahraga Teknik dan Program Latihan dan Akademik, Jakarta: Persindo.

Sunaryo Kartadinata. 2002. Bimbingan di Sekolah Dasar. Bandung: CV Maulana

Suyadi. (2013). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: DIVA Press.

Syamsir Aziz. 1998. Permainan Kecil di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2016-01-01

How to Cite

Suroso, S. (2016). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENGGUNAAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 KALIWANGI TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Academy of Education Journal, 7(1), 23–27. https://doi.org/10.47200/aoej.v7i1.346