PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBEDAKAN DAN MENGELOMPOKKAN SAMPAH BERDASARKAN ORGANIK DAN ANORGANIK PADA SISWA TK AL AZHAR SYIFA BUDI

  • Fatimah Dahlan
Keywords: Metode Bermain Peran, Meningkatkan Kemampuan, Membedakan dan Mengelompokan Sampah

Abstract

Peneliti telah melakukan penelitian untuk meningkatkan kemampuan membedakan dan mengelompokan sampah berdasarkan organik dan anorganik di TK Al-Azhar Syifa Budi Solo Kecamatan Laweyan, Surakarta, dari semua tindakan yang peneliti ambil dalam penelitian ini dapat diambil simpulan sebagai berikut: 1. Metode pembelajaran bermain peran di dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membedakan jenis sampah Organik dan Anorganik anak adalah suatu pilihan yang tepat dan cermat, 2. Metode Pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan kemampuan untuk membedakan dan mengelompokan sampah sesuai jenisnya ( organik dan anorganik), hal ini dapat dilihat dari paparan data perkembangan dari  siklus I ke siklus berikutnya  yang terdapat perkembangan secara signifikan. Dapat dengan jelas dilihat dari kemampuan anak yang semula hanya mencapai 57%. Dengan penggunaan metode tepat dan cermat akhirnya kemampuan anak untuk dapat membedakan dan mengelompokan sampah sesuai jenisnya  berubah menjadi 92%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmani, Jamal Ma’ruf. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta : Laksana

Bowo, A. N. A. (2012). Strategi Index Card Match untuk Peningkatan Pemahaman Siswa SMK Mata Pelajaran PKn. Academy of Education Journal, 3(1).

Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : GP Press

Kayvan, Umy.2009. Permainan Kreatif untuk Mencerdaskan Anak. Jakarta : Media Kita.

Moleong, Lekxy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bantung: PT Remaja.

Saleh, Chasman. 1988. Pedoman Guru Bidang Pengembangan kemampuan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurani, Yuliani. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT Indeks

Tim PKP PG PAUD.2008. Panduan Pemantapan Kemampuan Profesion. Jakarta : Universitas Terbuka.

Tim. 1990 Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Tim. 1996. Pedoman Guru Bidang Pengembangan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan. Dan Kebudayaan.

Published
2017-01-01
How to Cite
Dahlan, F. (2017). PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBEDAKAN DAN MENGELOMPOKKAN SAMPAH BERDASARKAN ORGANIK DAN ANORGANIK PADA SISWA TK AL AZHAR SYIFA BUDI. Academy of Education Journal, 8(1), 69-81. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i1.335