EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR DI TINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER GASAL SMP N 1 BAKI
DOI:
https://doi.org/10.47200/aoej.v8i1.334Keywords:
Hasil Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematika, Realistic Mathematics EducationAbstract
Hasil belajar itu penting untuk mengetahui kepahaman siswa setelah proses pembelajaran. Diperlukan pendekatan pembelajaran agar hasil belajar menjadi baik yaitu Realistic Mathematics Education. Selain itu, kemampuan komunikasi matematika juga berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis : (1) konstribusi pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar, (2) konstribusi kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar, (3) interaksi pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education dan kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Baki tahun 2015/2016. Sampel dari penelitian ini dua kelas masing – masing terdiri 31 siswa. Kelas pertama sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran berbasis Realistic Mathematic Education dan kelas kedua sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dan sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian pada a = 0,05 diperoleh : (1) terdapat konstribusi pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar dengan Fobs = 5,573185 > Fa = 4,01; (2) terdapat konstribusi kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar dengan Fobs = 15,95437 > Fa = 3,16; (3) terdapat interaksi pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematics Education dan kemampuan komunikasi matematika siswa terhadap hasil belajar dengan Fobs = 3,445566 > Fa = 3,16.
Downloads
References
Abdul Qohar. 2011. “Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis untuk Siswa SMP”. Makalah Disajikan di Seminar Nasional Pendidikan Matematika LSM XIX, pada 16 April 2011, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta. Diakses tanggal 21 Maret 2015 (http://eprints.uny.ac.id/6968/1/Makalah%20Peserta% 204%20-%20Abd.%20 Qohar2.pdf).
Amalia, Risma. (2014). “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Swasta di Kota Cimahi dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Improve”. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2: 140-148. Diakses tanggal 19 Oktober 2015 (http://publikasi. stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/ 01/Prosiding-Semnas-STKIP-2014.pdf).
Arikunto, Suharsimi. 2010. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsaythamby, V. dan Cut Morina Zubainur. 2014.”How A Realistic Mathematics Educational Approach Affect Students’ Activities In Primary Schools?”. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 159: 309-313. Diakses tanggal 3 Oktober 2015 (http://ac.els-cdn.com/S1877042814065082/1-s2.0-S187704281 4065082-main.pdf?_tid=cb735c22-7734-11e5-95f3-00000aab0f27&acdnat=14 45350614 _0d24cdc 5d8a3241b ecaad 7b52321cfcc).
Asikin, Mohammad. dan Iwan Junaedi. 2013. “Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education)”. Unnes Journal of Mathematics Education Research 2(1): 203- 207. Diakses tanggal 7 Oktober 2015 (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ ujmer/ article/view /1483/1440).
Astuti, A., dan Leonard. 2015. “Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa”. Jurnal Formatif 2(2): 102-110. Diakses tanggal 21 Januari 2016 (http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/ article/viewFile/91/88).
Bowo, A. N. A. (2014). Small Group Discussion Berbasis Reading Guide untuk Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar PKn Siswa MTs. Academy of Education Journal, 5(2).
Budiyono. 2009. ”Statistika Untuk Penelitian”. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Chotimah, Siti. 2014. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP di Kota Bandung Dengan Pendekatan Realistic Mathematics EducationnPada Siswa SMP di Kota Bandung”. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2: 133-139. Diakses tanggal 19 Oktober 2015 (http://publikasi. stkip siliwangi.ac.id/files/2014/01/Prosiding-Semnas-STKIP- 2014.pdf).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2006. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. 2014. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional.
Prianto, Heri. 2013. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Siswa Kelas II-A MI Alhikam Geger Madiun Tahun Pelajaran 2012/2013”. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1): 91-104. Diakses tanggal 4 Oktober 2015 (stkipdrnugroho.ac.id/up-pdf/heriprianto.pdf).
Siregar, Salamat. 2013.”Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Software Graphmatica”. Edumatica, 3(1): 55-63. Diakses tanggal 9 Oktober 2015 (http://online- journal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/view/1410/909).
Sumirat, Lusia Ari. 2014. “Efektifitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Talk-Write (TTW) terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2): 21-29. Diakses tanggal 24 Januari 2016 (http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JPK/article/viewFile/56/56)
Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Kartasura: Fairuz Media
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Webb, David C., Henk van der Kooij, dan Monica R. Geist. 2011. “Design Research in the Netherlands: Introducing Logarithms Using Realistic Mathemathics Education”. Journal of Mathematics Education at Teachers College, 2(6): 47-52. Diakses tanggal 3 Oktober 2015 (http://journals.tc-library.org/index.php/ matheducation /article/viewFile/639/405).
Zahara dan Abdul Hamid K. 2013. “Strategi Pembelajaran dan Sikap Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Teknologi Matematika, 6(2): 244- 258. Diakses tanggal 9 Oktober 2015 (http://digilib.unimed.ac.id/publik/ UNIMED-Article-29515-9-Zahara-Abdul%20Hamid%20K%2020244-258.pdf).