SERAT PRABANGKARA KARYA KI PADMASUSASTRA TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER

  • Onok Yayang Pamungkas
Keywords: Serat Prabangkara, Psikologi Sastra, Pendidikan Karakter

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji aspek psikologis karakter dalam serat Novel Prabangkara dengan Ki Padmasusastra menggunakan psikologi tinjauan pustaka. Bentuk penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan strategi analisis isi. Sumber data yang digunakan dalam bentuk dokumen. Teknik pengumpulan data yang dengan analisis isi. Validasi data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi data. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, menggambar Kesimpulan dan verifikasi data. Hasil Menunjukkan bahwa karakter dalam analisis baru didasarkan pada proses psikologis masing-masing karakter yang dipengaruhi oleh faktor dalam dan faktor luar. Melalui analisis karakter menggunakan pendekatan psikologis Sigmund Freud (id, ego dan superego), kepribadian masing-masing karakter dapat dipahami dan memberikan efek realistis dalam pendidikan karakter. Ini adalah bagian dari kemampuan penulis untuk menggambarkan disposisi dari tokoh dalam karyanya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aspek psikologis karakter dalam serat Novel Prabangkara oleh Ki Padmasusastra dapat ditinjau restoran dengan menggunakan teori psikologi Sigmund Freud.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Zainal dan Sujak. 2012. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Endraswara, Suwardi. 2004. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama

________________. 2008. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo. .2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: MedPress (anggota AKAPI).

________________.2011. Metode Penelitian Sastra: Espitologi, Model, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Center for Academic Publishing Service.

.2013. Teori Kritik Sastra: Prinsip, Falsafah, dan Penerapan. Yogyakarta : Center for Academic Publishing Service.

Freud, Sigmund. Memperkenalkan Psikoanalisa: Lima Ceramah. Jakarta: Gramedia. (diterjemahkan oleh K. Bertens)

Harati, Maryam and Fatemah Sadat Barisizadeh. 2011. Oedipal Identity of the Patriarch in Grabiel Garcia Marquez’s The Autumn of The Patriarch. Canadian Sosial Science Jornal. Vol. 7 (5): 140-143.

Hawa, Masnuatul. 2012. Novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan. Tesis Program Pendidikan Bahasa Indonesia UNS. Surakarta.

Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Kusumawati, I. (2014). Pemanfaatan Potensi Budaya Lokal untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Kelas IV Di Sekolah Dasar Gondok Timbulharjo Sewon Bantul. Academy of Education Journal, 5(1).

Jamalia, Risyat. 2011. Konflik Kepribadian pada Tokoh-Tokoh dalam Novel Lintang Gumebyar (Tinjauan Psikologi Sastra). Tesis. Bandung: UPI.

Jiang Zhu dan Yuxiao Bao. 2012. Analysis on the Character of Clyde in An American Tragedy by Tripartite Personality Structure Theory. Vol 2, No 12 (2012), 2556-2560, Dec 2012 doi:10.4304/tpls.2.12.2556-2560. Theory and Practice in Language Studies.

Karatay, Hatit. 2011. Karakter Eğitiiminde Edebi Eserlerin Kullanimi (Using Literary Works in Character Education). International Periodical for the Language,Literature, and History of Turkish or Turkic, Vol. 6 (1): 1398-1412.

Kwatsha, L. L. 2007. A psychoanalytical interpretation of the characters in A.C. Jordan’s novel Ingqumbo yeminyanya. Literator 28(3) Des./Dec. 2007:75-89.

Minderop, Albertine. 2011. Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Nugroho, Akhmad. 2010. Demokratisasi Ki Padmasusastra dalam Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa. Makalah Seminar Nasional. Surakarta 29 November 2010.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Nuryati, N., & Bowo, A. N. A. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran PPKn Quantum Teaching Berbasis Lingkungan melalui Cooperative Learning di SMA Negeri kota Yogyakarta. Academy of Education Journal, 6(2).

Noor, Rohinah M.. 2011. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra: SOLUSI Pendidikan Moral yang Efektif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sarwiji, Suwandi. 2013. Jurnal Wacana Bahasa dan Sastra. PBI PPs. UNS. Vol. 11, No. 1, Hal. 1-102, Surakarta, April 2013.

Semi, Atar. 1993. Metode Penelitian Sastra. Bandung : Angkasa.

_________.1989. Kritik Sastra. Bandung: Angkasa.

Subroto, D. Edi. 2007. Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Sudjiman, Panuti. 1988. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Jaya.

Supardjo. 2010. Ki Padmasusastra “Tiyang Mardika ingkang Amarsudi ing Kasusastran Jawi” (Sang Pujangga dan Karya-Karyanya). Seminar Nasional, FSSR UNS Surakarta, 29 November 2010.

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teoritis dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Sutrimah, 2013. Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy. Tesis Program Pendidikan Bahasa Indonesia UNS. Surakarta.

Titi Mumfangati. 2011. Pendidikan Budi Pekerti dalam Budaya Jawa Kajian terhadap Serat Nitipraja. Vol. VI, No. 12, (Desember 2011), Hal. 198-207. Jantra Jurnal Sejarah dan Budaya.

Waluyo, Herman J. 2002. Pengkajian Sastra Rekaan. Salatiga: Widya Sari Press.

______________. 2002. Drama, Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita.

______________. 2006. Teori Pengkajian Sastra. Surakarta: UNS Press.

Published
2017-01-01
How to Cite
PamungkasO. (2017). SERAT PRABANGKARA KARYA KI PADMASUSASTRA TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER. Academy of Education Journal, 8(1), 9-26. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i1.332