Integrasi AI dalam collaborative learning untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Negeri Jakarta
  • Magdalena Suliyem Universitas Negeri Jakarta
  • Ivan Hanafi Universitas Negeri Jakarta
  • Teguh Trianung Djoko Susanto Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Collaboretive learning, kecerdasan buatan, efektivitas pembelajaran

Abstract

Pembelajaran kolaboratif (collaborative learning) sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran untuk memacu motivasi belajar peserta didik. Collaborative learning merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerja sama dan interaksi antarpeserta didik. Selain itu, menumbuhkan keterampilan berpikir kritis saat peserta didik mengeksplorasi pengetahuan dan menemukan solusi suatu masalah dalam kelompok belajar. Pada penerapan collaborative learning sering menemui beberapa kendala yakni kesulitan pengelompokkan peserta didik yang memiliki kebutuhan belajar berbeda-beda. Pendidik masih kesulitan dalam memberikan tugas sesuai kemampuan dengan mempertimbangkan gaya belajar dan minat peserta didik.
Kecerdasan buatan (AI) merupakan salah satu alternatif yang memiliki potensi mengatasi kesulitan pendidik untuk mempersonalisasi pembelajaran. Pada penelitian ini akan menemukan paparan pemanfaatan AI bagi pendidik agar lebih mudah membuat program pembelajaran dan peta kompetensi peserta didik. Hal ini akan membantu pendidik menyusun materi pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif sesuai kebutuan peserta didik. Pada penelitian literatur review ini akan menunjukkan bahwa Integrasi AI dalam Collaborative learning sangat efektif untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam memahami materi yang dipelajari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrita, Juwika. 2023. “Peran Artificial Intelligence Dalam Meningkatkan Efisiensi Dan Efektifitas Sistem Pendidikan.” Comserva : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 2 (12): 3181–87. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i12.731.

Alhur, Anas,Arwa Alhur, Afrah Alhur, Kholod Almalki, Reem Aljoudi, Huda Aloqla, Sara Alkayyal, et al. 2023. “British Journal of Teacher Education and Pedagogy Evaluating Computer Science Students’ Experiences and Motivation Towards Learning Artificial Intelligence Ministry of Education, Saudi Arabia.” https://doi.org/10.32996/bjtep.

Amanda, A. et al. (2023) ‘Implementasi Artificial Intelligence dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Amelya’, Seminar Nasional FPMIPA 2023 IKIP PGRI Bojonegoro, (2022), pp. 240–243.

Baker, M.J. (2015) ‘Collaboration in collaborative learning’, Interaction Studies, pp. 451–473. Available at: https://doi.org/10.1075/is.16.3.05bak.

Batusalu (2023) ‘Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dengan Ai Sebagai Asisten Pembelajaran’, Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UKI Toraja, 3(3), pp. 84–96.

Chen, L. (2020) ‘Artificial Intelligence in Education: A Review’, IEEE Access, 8, pp. 75264–75278. Available at: https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988510.

Duan, Y. (2019) ‘Artificial intelligence for decision making in the era of Big Data – evolution, challenges and research agenda’, International Journal of Information Management, 48, pp. 63–71. Available at: https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.01.021.

Eguchi, Amy, Hiroyuki Okada, and Yumiko Muto. 2021. “Contextualizing AI Education for K-12 Students to Enhance Their Learning of AI Literacy Through Culturally Responsive Approaches.” KI - Kunstliche Intelligenz 35 (2): 153–61. https://doi.org/10.1007/s13218-021-00737-3.

Hakeu, Febrianto, Idan I Pakaya, Djahuno, Ridwanto, Zakarina, Uznul, Tangkudung, Mutmain, and Ichsan. 2023. “Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence).” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (2): 1–14.

Hanum Siregar, Farida, Babby Hasmayni, and Andre Hasudungan Lubis. 2023. “The Analysis of Chat GPT Usage Impact on Learning Motivation among Scout Students.” International Journal of Research and Review 10 (7). https://doi.org/10.52403/ijrr.20230774.

Herrera-Pavo, M.Á. (2021) ‘Collaborative learning for virtual higher education’, Learning, Culture and Social Interaction, 28. Available at: https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2020.100437.

Hobbs, R. (2016) ‘Everyone Learns from Everyone: Collaborative and Interdisciplinary Professional Development in Digital Literacy’, Journal of Adolescent and Adult Literacy, pp. 623–629. Available at: https://doi.org/10.1002/jaal.502.

Jamridafrizal, Wibawa, B. and Ibrahim, N. (2019) ‘Leveraging social media in accommodating collaborative learning in Indonesian Islamic higher education’, International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(2 Special Issue 9), pp. 151–158. Available at: https://doi.org/10.35940/ijrte.B1033.0982S919.

Kisno, Kisno, Nia Fatmawati, Revina Rizqiyani, Siti Kurniasih, and Eka Mei Ratnasari. 2023. “Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligences (Ai) Sebagai Respon Positif Mahasiswa Piaud Dalam Kreativitas Pembelajaran Dan Transformasi Digital.” IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education 4 (1): 44. https://doi.org/10.32332/ijigaed.v4i1.7878.

Kuh, L.P. (2016) ‘Teachers talking about teaching and school: Collaboration and reflective practice via Critical Friends Groups’, Teachers and Teaching: Theory and Practice, 22(3), pp. 293–314. Available at: https://doi.org/10.1080/13540602.2015.1058589.

Kukulska-Hulme, A. and Viberg, O. (2018) ‘Mobile collaborative language learning: State of the art’, British Journal of Educational Technology, 49(2), pp. 207–218. Available at: https://doi.org/10.1111/bjet.12580.

Kumar, Om. 2023. “Investigating the Impact of Artificial Intelligence AI and Technology in English Language Learning.” Advances in Social Behavior Research 3 (1). https://doi.org/10.54254/2753-7102/3/2023026.

Merentek, T.C., Usoh, E.J. and Lengkong, J.S.J. (2023) ‘Implementasi Kecerdasan Buatan ChatGPT dalam Pembelajaran’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), pp. 26862–26869.

Nurachmy Sahnir, Jamilah, and Heriyati Yatim. 2023. “Pengenalan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Meningkatkan Pengalaman Belajar Seni Di Era Digitalisasi Pendidikan.” Seminar Nasional Dies Natalis 62 1: 245–56. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.811.

Odah, Ai, and Yeni Yuniarti. 2023. “Budaya Literasi Sekolah Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21.” Basic Edu 7 (6): 4193–4203. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6730.

Plešec, R. et al. (2016) ‘Analisis Diskusi Daring Asinkron sebagai Model yang Mendukung Kolaborasi Sebaya dan Refleksi dalam Pendidikan Guru Abstrak’, 15, pp. 377–401.

Priharsari, D. (2022) ‘Systematic Literature Review di Bidang Sistem Informasi dan Ilmu Komputer’, Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 9(2), p. 263. Available at: https://doi.org/10.25126/jtiik.2022923884.

Rifky, Sehan. 2024. “Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi.” Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology 2 (1): 37–42.

Rodríguez, A.I. (2017) ‘Collaborative learning and mobile devices: An educational experience in Primary Education’, Computers in Human Behavior, 72, pp. 664–677. Available at: https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.07.019.

Shamir-Inbal, T. (2021) ‘Characteristics of pedagogical change in integrating digital collaborative learning and their sustainability in a school culture: e-CSAMR framework’, Journal of Computer Assisted Learning, 37(3), pp. 825–838. Available at: https://doi.org/10.1111/jcal.12526.

Sudrajat, D. et al. (2023) ‘Pemanfaatan Kecerdasan Buatan sebagai Upaya Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia’, Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(02), pp. 590–598. Available at: https://doi.org/10.53863/kst.v5i02.999.

Sugiarto, I. et al. (2023) ‘Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Artificial Intelligences (AI) Pada Sekolah Kedinasan Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.O’, Journal Of Social Science Research, 3(5), pp. 10546–10555.

Takahashi, A. (2016) ‘Collaborative lesson research: maximizing the impact of lesson study’, ZDM - Mathematics Education, 48(4), pp. 513–526. Available at: https://doi.org/10.1007/s11858-015-0752-x.

Ting, D.S.W. (2019) ‘Artificial intelligence and deep learning in ophthalmology’, British Journal of Ophthalmology, pp. 167–175. Available at: https://doi.org/10.1136/bjophthalmol-2018-313173.

Upadhayaya, Parshu Ram. 2023. “Information Communication Technology in Education: Bringing Innovation in Classroom.” | Ganeshman Darpan. Vol. 8.

Wibawa, B. and Erwin, T.N. (2017) ‘Development of Collaborative-Creative Learning Model’. Available at: https://doi.org/10.1063/1.4995109.

Published
2024-06-03
How to Cite
NurhayatiN., SuliyemM., HanafiI., & SusantoT. T. (2024). Integrasi AI dalam collaborative learning untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Academy of Education Journal, 15(1), 1063-1071. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2372