Pengaruh intensitas penggunaan aplikasi shopee terhadap perilaku konsumtif ditinjau dari persfektif Pancasila

Authors

  • Dwi Fitri Yani Universitas Jambi
  • M. Salam Universitas Jambi
  • Alif Aditya Candra Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2344

Keywords:

Shopee App, consumptive behavior, the values of Pancasila

Abstract

The development of globalization in the previously traditional economic sector has shifted towards digitalization, affecting the high use of the Shopee application by Jambi University PPKn students. This phenomenon has resulted in consumptive behavior that is not in harmony with the values of Pancasila. This study aims to determine the impact of the intensity of using the Shopee application on student consumptive behavior, by considering the Pancasila perspective. A quantitative approach was used in this study through survey methods, involving 39 respondents. Data analysis using SPSS Version 26 shows that the intensity of using the Shopee application significantly affects the consumptive behavior of Jambi University PPKn students, with a p-value of < alpha (0.000 < 0.05). The effect reached 54.3%, while other influencing factors were not studied in this study.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, A. F. P., Utomo, S. W., & Yusdita, E. E. (2020). Studi perilaku konsumtif pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Jurnal Benefita, 5(2), 264.

Adhari, F. N., & Dewi, D. A. (2022). Menurunnya Nilai Pancasila Sila Ke 5 Sebagai Dampak Perkembangan Teknologi Pada Kaum Generasi Milenial. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 114-119.

Alamanda, Y. (2018). Pengaruh Harga Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 273-279.

Amri, S. R. (2023). Pancasila sebagai sistem etika. Jurnal Voice Of Midwifery. 08(1). 766.

Anggreini, R., & Mariyanti, S. (2014). Hubungan antara kontrol diri dan perilaku konsumtif mahasiswi Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 12(01), 126664.

Arikunto. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program.Cileban Timur.Pustaka Pelajar

Asri, A. (2012). Pengaruh kepercayaan diri terhadap perilaku konsumtif pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Babelan. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi: JPPP, 1(1), 197-202.

Azizah, M., & Aswad, M. (2022). Pengaruh Belanja Online Pada E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Millennial di Blitar. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(4), 429-438.

DAFA, F. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Shopee Terhadap Minat Berbelanja Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Berdsarkan Perspektif Ekonomi Islam (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG).

Dewi, L. G. K., Herawati, N. T., & Adiputra, I. M. P. (2021). Penggunaan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Yang Dimediasi Kontrol Diri. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(1), 1-19.

Faradila, D. A. (2018). Hubungan konsep diri dan perilaku konsumtif online shopping produk pakaian pada mahasiswa (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Fikri, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Shopeepay sebagai Dompet Digital terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEB USU. KomunikA, 17(2).

Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi, 12(1)

Fransisca, C., & Erdiansyah, R. (2020). Media Sosial dan Perilaku Konsumtif. Prologia, 4(2), 435-439.

Hafsyah, A. H. (2020). Pengaruh kepuasan konsumen, perilaku konsumtif, dan gaya hidup hedonis terhadap transaksi online (E-commerce). Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(6), 94-103.

Hendra, P. H. (2023). ESENSI MEMBANGUN IDENTITAS NASIONAL SEBAGAI WUJUD PERTAHANAN BUDAYA PADA MAHASISWA PPKN. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan, 23(1), 173-178.

Kania, D., & Agatha, N. (2012). Online consumers and the application of uses and gratification theory case study: The Kaskus website. Journal Communication Spectrum: Capturing New Perspectives in Communication, 1(2), 98-99.

Kurniawan, C. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif ekonomi pada mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4).

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).

Maulana, I., & Salsabila, O. (2020). Pengaruh social media influencer terhadap perilaku konsumtif di era ekonomi digital. Majalah Ilmiah Bijak, 17(1), 28-34.

Mujahidin, A. (2020). Pengaruh fintech e-wallet terhadap perilaku konsumtif pada generasi millennial. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(2), 143-150.

Novitasari, S., Najicha, F., & Ilmu Hukum, F. H. (2023). Pentingnya peran Pancasila bagi generasi muda dalam menghadapi globalisasi.

Nurul'Ainy, Z. (2020). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Di Kelurahan Karang Panjang Kota Ambon. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 4(2), 226-235.

Oktaviani, A. A., Komsiah, S., & Syaifuddin, S. (2022). Uses And Gratification: Uji Pengaruh Konten dalam Fitur Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(3), 101-102.

Rahma, A. N. (2018). Pengaruh intensitas mengakses instagram terhadap perilaku konsumtif siswa-siswi SMA muhammadiyah 1 kota magelang. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga.

Regiani, E., & Dewi, D. A. (2021). Pudarnya Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1)

Sa'adah, A. F. (2023). Gaya Hidup Konsumtif dalam Perspektif Teori Kepribadian Carl R. Rogers dan Refleksi Kritis bagi Pembentukan Karakter Bangsa. Sophia Dharma: Jurnal Filsafat, Agama Hindu, dan Masyarakat, 6(1), 64-71.

Sandhi, D. S. A. Y. R. (2017). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam perilaku konsumsi. Al-'Adalah: Jurnal Syariah dan Hukum Islam, 2(2), 141-152.

Shafa, P. M., & Hariyanto, J. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Bekasi). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Berbelanja Online MelaluI Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Bekasi).

Siallagan, A. M., Derang, I., & Nazara, P. G. (2021). Hubungan kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di Stikes Santa Elisabeth Medan. Jurnal Darma Agung Husada, 8(1), 54-61.

Soeprapto, S. (2013). Konsep Muhammad Hatta tentang implementasi pancasila dalam perspektif etika pancasila. Jurnal Filsafat, 23(2), 99-116.

Solihat, A. N., & Arnasik, S. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi. Oikos: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi, 2(1), 1-13.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan RnD. Bandung. Alfabeta

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Suminar, E., & Meiyuntari, T. (2015). Konsep diri, konformitas dan perilaku konsumtif pada remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02).

Syarafina, S. Pengaruh Intensitas Mengakses Ecommerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangerang Selatan (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Zahrah, A., Mayasari, M., & Tayo, Y. (2022). Pengaruh Pengunaan Aplikasi Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(2).

Published

2024-05-15

How to Cite

Yani, D. F., Salam, M., & Candra, A. A. (2024). Pengaruh intensitas penggunaan aplikasi shopee terhadap perilaku konsumtif ditinjau dari persfektif Pancasila. Academy of Education Journal, 15(1), 1014–1027. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2344