Pengembangan pendidikan karakter di sekolah dasar: analisis peran guru dan kurikulum

Authors

  • Hanafiah Hanafiah Universitas Samudra
  • Abdul Malik Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
  • Aisyah Nursyam Universitas Muhammadiyah Bone
  • Meggy Merlin Mokay Universitas Cenderawasih
  • Musa Hefer Smas Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2340

Keywords:

masih, proses

Abstract

Tujuan dari penelitian ini agar menyajikan analisis mengenai peran dan juga pengaruh dari guru serta kurikulum dalam mengembangkan karakter pendidikan para siswa di Sekolah Dasar. Hasil dan pembahasan yang diuraikan dalam penelitian bisa menjadi salah satu sajian informasi yang bermanfaat dan bisa menjadi pedoman untuk penelitian berikutnya. Penelitian ini bisa menjadi salah satu kajian pendukung untuk penelitian yang memiliki relevansi dengan penelitian ini. Rumusan masalah dari penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui peran dari guru dan juga kurikulum dalam membentuk karakter siswa di tingkat sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa Guru memiliki peran dan pengaruh dalam membentuk karakter siswa SD. Disimpulkan pula bahwasanya dalam membentuk karakter dari para siswa ini terdapat 4 faktor penting dimana guru sebagai suri tauladan, pembimbing dan juga pengarah serta evaluator. Guru dan kurikulum memiliki peran dan pengaruh dalam membentuk karakter pribadi cerdas dan kuat

Downloads

Download data is not yet available.

References

masih proses

Published

2024-04-27

How to Cite

Hanafiah, H., Malik, A., Nursyam, A., Mokay, M. M., & Smas, M. H. (2024). Pengembangan pendidikan karakter di sekolah dasar: analisis peran guru dan kurikulum. Academy of Education Journal, 15(1), 939–947. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2340