Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan Melalui Desain Pesan Pembelajaran Bagi Guru di Daerah Terpencil SMP Negeri 5 Ledo
DOI:
https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2290Keywords:
Pembelajaran kreatif, Desain PembelajaranAbstract
Dalam kegiatan pembelajaran, agar pembelajaran dirasa menyenangkan dan dapat diserap oleh peserta didik, hendaknya guru dapat menyiapkan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan agar peserta didik dapat mencerna setiap isi dalam kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu, guru dituntut agar mampu berinovasi dalam proses pembelajarannya agar peserta didik memiliki ketertarikan tersendiri sehingga kegiatan dan suasana pembelajaran lebih bermakna dan hidup. Dalam hal ini, Kepala Sekolah melakukan kegiatan In House Trainining (IHT) di SMP Negeri 5 Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, dengan menggunakan LCD Proyektor dan media IHT, kegiatan IHT dilaksanakan kepada guru-guru tersebut dengan diiringi tanya jawab dalam IHT. Kegiatan tersebut dilakukan dengan harapan agar guru dapat memiliki inovasi dan mengembangkan kemampuan di dalam menyiapkan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan melalui desain pesan pembelajaran bagi guru khususnya di daerah terpencil kabupaten Bengkayang.
Downloads
References
Ambarjaya. (2008). Model-Model Pembelajaran Kreatif. Bandung: Tinta Emas Publishing.
Baytie, N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran melalui Kegiatan in House Training. Jurnal Pembelajaran dan Pendidik, 1(2), 409630.
B. Seels dan Rita C. Richey. (1994). Teknologi Pembelajaran Definisi dan Kawasannya. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta
Dalilah, I. (2019). Strategi Pendampingan Berkelanjutan sebagai Alternatif Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 59.
Dewi Salma Prawiradilaga Evelina Siregar. (2008). Mozadik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Dick dan Ceray. (2006). The Sistematic Design of Instruction. Newyork: Longman.
Effendy, Onong. (2007). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya
Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Fahik, Y. S. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Melalui In House Training (IHT) Dengan Metode Pendampingan Teman Sejawat Di SMK Negeri Nibaaf. Almufi Jurnal Pendidikan, 2(2), 38-49.
Hapudin, H. M. S. (2021). Teori belajar dan pembelajaran: menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif. Prenada Media.
Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161
Laksana, D. N. L., Awe, E. Y., Sugiani, K. A., Ita, E., Rawa, N. R., & ... (2021). Desain pembelajaran berbasis budaya. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=kSwnEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=desain+pembelajaran&ots=u7h4xDl6N5&sig=AQARFKpriBuwIZ06PBUiL1yAG7E
Listiana, Y. R., Arfadila, A., Erlinda, E., Silvia, S., (2023). Pengaruh Penguasaan Keterampilan Mengajar dalam Upaya Meningkatkan Guru yang Inovatif. Journal on Education. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/798
Muhammad Arni (2005). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara
Mulyasa. (2011), Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembejaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rakhmat, Jalaluddin (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Salma Dewi, Prawiradilaga. (2012). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Mulyadi, Y. (2017). Pembelajaran Menyenangkan di Sekolah Menengah. Jurnal Kependidikan, 18(1).
Mulyawati, Y. M. (2021). Pentingnya keterampilan guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).
Nurbaiti, F. (2021). Peningkatan kompetensi guru dalam pembuatan video pembelajaran melalui In House Training (IHT) di SMP Negeri 26 Depok. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(03), 375-386.
Pinatih, N. P. S. (2020, December). Pembelajaran Menyenangkan dalam Menyongsong Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 1, pp. 64-76).
Ponidi, N., Trisnawati, D. P., & Nagara, M. K. E. S. (2021). Model pembelajaran inovatif dan efektif. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=tlYsEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pembelajaran+inovatif&ots=EKq4uVygtS&sig=_rOGfk5vZkQxFATYBefI6ShkKv4
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan strategi dan model pembelajaran: inovatif, kreatif, dan prestatif dalam memahami peserta didik.
Saifudin, S. (2021). IHT dan Bimbingan Berkelanjutan Guna Meningkatkan Kemampuan Guru SMP dalam Merancang Media Pembelajaran. Surya Abdimas, 5(2), 160-169.
Setiani, A., Priansa, D. J., & Kasmanah, A. (2015). Manajemen peserta didik dan model pembelajaran cerdas, kreatif, dan inovatif.
Setyosari, P. (2020). Desain Pembelajaran. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=qbD1DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=desain+pembelajaran&ots=hIN7DoAtlL&sig=BRuuKMxYQwyHLTcBwQ7cuNHgM8U
Situmorang, R., & Widyaningrum, R. (2019). Desain Pesan dalam Pembelajaran. Modul Pembelajaran.
Slameto. (2011). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiono, S., & Hardori, J. (2020). Domain Desain Pembelajaran Inkarnatif. Diegesis: Jurnal Teologi. http://sttbi.ac.id/journal/index.php/diegesis/article/view/112
Sujana, A., & Sopandi, P. W. (2020). Model-model pembelajaran inovatif teori dan implementasi. senayan.iain-palangkaraya.ac.id. http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=13692&keywords=
Sutikno, Sobry. (2013). Belajar dan pembelajaran, Upaya Kreatif Dalam Mewujudkan Pembelajaran Yang Berhasil. Lombok: Holistica
Syaikhudin, A. (2013). Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 7(2), 301-318.
Takdir, M., Zulkifli, N., & Ferdiansyah, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Pada Mata Kuliah Desain Pesan. Academy of Education Journal. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/1905
Wina Sanjaya. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana.