Pembelajaran Tematik pada Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV di SD Mendongan Playen Gunung Kidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

  • Slamet Slamet
Keywords: Pembelajaran, pembelajaran tematik, tema.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran tematik dan proses pembelajaran tematik serta evaluasi pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mendongan Playen Gunungkidul. Penelitian ini termasuk dalam penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini yang menjadi subyek adalah guru kelas IV serta siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mendongan Playen Gunungkidul tahun 2014/2015 dengan jumlah siswa 16 ( L=11 dan P=5 ). Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini, di antaranya: (1) Guru kelas IV SD Negeri Mendongan Playen Gunungkidul belum melakukan perencanaan tematik sebagaimana mestinya seperti tidak merumuskan tema untuk pembelajaran selama satu semester tapi sudah melakukan perencanaan pembelajaran secara umum seperti pembuatan RPP dan lain-lain; (2) Evaluasi yang dilaksanakan di sesuaikan dengan konsep KTSP yaitu evaluasi dari seluruh aspek yakni aspek kognitif, afektif dan psikomotorik; dan (3) Hambatan-hambatan yang dialami guru kelas IV SD Negeri Mendongan Playen Gunungkidul yaitu kesulitan dalam pengelolaan kelas, kesulitan dalam penyatuan tema serta belum bisa melaksanakan pembelajaran tematik yang sesungguhnya yaitu mengintegralkan bidang studi dalam satu tema.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief S. Sadiman, dkk., (2003), Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Jana, Sudjana, (2002), Strategi Pembelajaran, Bandung : Falah Production

Mulyani Sumantri dan Johar Permana, (1998/1999), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti Proyek PGSD

Siti Partini Suardiman, (1995), Psikologi Perkembangan, Yogyakarta : FIP IKIP, Yogyakarta

Soetomo, (1993), Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar, Surabaya : Nasional

Suprihadi Saputro, dkk., (2000), Strategi Pembelajaran (Bahan Sajian Program Pendidikan

Akta Mengajar), Malang : Depdiknas Universitas Negeri Malang Press

Sutirjo dan Sri Istuti Mamik, (2005), Tematik Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004, Malang : Bayu Media

Toeti Soekamto dan Udin Saripudin W, (1997), Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran,Jakarta : PAU-PPAI Universitas Terbuka.

Published
2015-07-01
How to Cite
SlametS. (2015). Pembelajaran Tematik pada Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV di SD Mendongan Playen Gunung Kidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Academy of Education Journal, 6(2). https://doi.org/10.47200/aoej.v6i2.134