Pembelajaran Tematik pada Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV di SD Mendongan Playen Gunung Kidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.47200/aoej.v6i2.134Keywords:
Pembelajaran, pembelajaran tematik, tema.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran tematik dan proses pembelajaran tematik serta evaluasi pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mendongan Playen Gunungkidul. Penelitian ini termasuk dalam penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini yang menjadi subyek adalah guru kelas IV serta siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mendongan Playen Gunungkidul tahun 2014/2015 dengan jumlah siswa 16 ( L=11 dan P=5 ). Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini, di antaranya: (1) Guru kelas IV SD Negeri Mendongan Playen Gunungkidul belum melakukan perencanaan tematik sebagaimana mestinya seperti tidak merumuskan tema untuk pembelajaran selama satu semester tapi sudah melakukan perencanaan pembelajaran secara umum seperti pembuatan RPP dan lain-lain; (2) Evaluasi yang dilaksanakan di sesuaikan dengan konsep KTSP yaitu evaluasi dari seluruh aspek yakni aspek kognitif, afektif dan psikomotorik; dan (3) Hambatan-hambatan yang dialami guru kelas IV SD Negeri Mendongan Playen Gunungkidul yaitu kesulitan dalam pengelolaan kelas, kesulitan dalam penyatuan tema serta belum bisa melaksanakan pembelajaran tematik yang sesungguhnya yaitu mengintegralkan bidang studi dalam satu tema.
Downloads
References
Arief S. Sadiman, dkk., (2003), Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Jana, Sudjana, (2002), Strategi Pembelajaran, Bandung : Falah Production
Mulyani Sumantri dan Johar Permana, (1998/1999), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti Proyek PGSD
Siti Partini Suardiman, (1995), Psikologi Perkembangan, Yogyakarta : FIP IKIP, Yogyakarta
Soetomo, (1993), Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar, Surabaya : Nasional
Suprihadi Saputro, dkk., (2000), Strategi Pembelajaran (Bahan Sajian Program Pendidikan
Akta Mengajar), Malang : Depdiknas Universitas Negeri Malang Press
Sutirjo dan Sri Istuti Mamik, (2005), Tematik Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004, Malang : Bayu Media
Toeti Soekamto dan Udin Saripudin W, (1997), Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran,Jakarta : PAU-PPAI Universitas Terbuka.