Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Penilaian Portofolio Siswa Kelas X SMK Bhina Karya Rongkop Gunung Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015

Authors

  • Emiyatini Emiyatini

DOI:

https://doi.org/10.47200/aoej.v6i2.133

Keywords:

Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan, penilaian portofolio.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui penilaian portofolio siswa kelas X SMK Bhina Karya, Rongkop, Gunungkidul tahun pelajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas X SMK Bhina Karya, Rongkop, Gunungkidul. Untuk mendapatkan data digunakan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data digunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Analisa data kualitatif digunakan untuk menganalisa data yang berupa keterangan-keterangan, dan analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisa data perubahan jumlah atau frekuensi dari hasil pekerjaan siswa, selanjutnya dianalisa dengan rumus persentase. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan penilaian portofolio bagi guru merupakan model yang efektif, tidak membebani dan dapat dilaksanakan secara baik. Bagi siswa merasa diperhatikan oleh guru dan hubungan guru dengan siswa terjalin secara baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budimansyah, Dasin. 2000. Metode Pembelajaran dan Penilaian Portofolio.

Depdikbud, 1997, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Fajar, Arni. 2002. Portopolio Dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Panen, Paulina. 1999. Belajar dan Pembelajaran I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudomo, Joko et.al., 2000. Laporan Penelitian, Model Penilaian Pembelajaran Fisika di SMU Melalui Portofolio. Yogyakarta: Lemlit UNY.

Surapranata, Sumarna, Dr dan Dr. Muhammad Hatta. Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum 2004. Jakarta : Rosda.

Downloads

Published

2015-07-01

How to Cite

Emiyatini, E. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Penilaian Portofolio Siswa Kelas X SMK Bhina Karya Rongkop Gunung Kidul Tahun Pelajaran 2014/2015. Academy of Education Journal, 6(2). https://doi.org/10.47200/aoej.v6i2.133