Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar PKn Siswa SMP Negeri 1 Sewon Bantul

  • Sri Ayomi
Keywords: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Sipritual, Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan, Siswa SMP Negeri 1 Sewon Bantul

Abstract

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta yang berjumlah 215 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 78 responden, diambil dengan metode random samplingpada siswa kelas VII.Sedangkan Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda digunakan untuk menguji pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta.Penggunaan analisis regresi berganda dikarenakan dalam penelitian ini beberapa variabel bebas (kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan spiritual) dan satu variabel terikat (prestasi belajar mata pelajaran PKn). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas yang berpengaruh secara positif signifikan terhadap prestasi belajar adalah kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual.Sedangkankecerdasan emosional tidak menunjukkan pengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini disebabkan karena tingkat signifikansi uji t di atas 0,05.

References

Arie Pangestu Dwijayanti. (2009). “ Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntasi”. Skripsi: Fakultas Ekonomi, Universitas Pembangunan Nasional Veteran.

Daniel Goleman. (2005). “Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi”, Jakarta: Gramedia.

Ilham Hidayah Napitupulu. (2009). “Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Pelajaran Akuntansi Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Siswa SMK Bisnis dan Manajemen di kota Sibolga Kelas XII Jurusn Akuntansi)”. Skripsi: Universitas Sumatra Utara.

Saiful Bahri Djamarah. (1994). “Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru”. Surabaya: Usaha Nasional.

Published
2015-07-01
How to Cite
Ayomi, S. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar PKn Siswa SMP Negeri 1 Sewon Bantul. Academy of Education Journal, 6(2). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/132