PENGEMBANGAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS LINGKUNGAN DENGAN STRATEGI SMALL GRAUP DISCUSSION DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.47200/aoej.v6i1.124Keywords:
Pengelolaan pembelajaran, small group discussion, perubahan perilakuAbstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih banyaknya guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan siswa, kurang memaksimalkan media dan sumber belajar secara maksimal. Selain itu guru masih monoton dalam menyampaikan materi. Strategi pembelajaran yang diterapkan kebanyakan masih menggunakan ceramah, sehingga banyak siswa yang jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Apabila hal tersebut terus terjadi, maka akan berdampak pada dunia pendidikan, yaitu bahwa tujuan pendidikan tidak tercapai dengan maksimal. hal itu juga terjadi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan melalui pengembangan model pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Jenis penelitian adalah research and development dan eksperimen. Guru dan siswa kelas x sebagai populasi pelaksanaan uji coba. Tahapan pengembangan melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Meliputi 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan, dan 3) pengujian. Hasil penelitian 1) pengembangan pengelolaan pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan dengan strategi small group discussion. Langkah-langkah model tersebut yaitu a) pendahuluan, b) penyajian materi substantive, c) mengajukan, membandingkan dan menjelaskan analogi, d) pengujian tim, e) implementasi kelompok, f) pengujian analogi baru, dan g) penutup. Dapat diketahui bahwa, terdapat peningkatan pemahaman konsep dan prestasi akademik melalui implementasi model pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan materi lembaga bank dan non bank dengan strategi small group discussion di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Hasil penelitian 1) pengembangan pengelolaan pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan dengan strategi small group discussion. Langkah-langkah model tersebut yaitu a) pendahuluan, b) penyajian materi substantive, c) mengajukan, membandingkan dan menjelaskan analogi, d) pengujian tim, e) implementasi kelompok, f) pengujian analogi baru, dan g) penutup. Dapat diketahui bahwa, terdapat peningkatan pemahaman konsep dan prestasi akademik melalui implementasi model pembelajaran ekonomi berbasis lingkungan materi lembaga bank dan non bank dengan strategi small group discussion di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.
Downloads
References
Chien Liu, Tzu dkk. 2009.The effects of mobile natural-science learning based on the 5E
learning cycle: A case study. Journal Educational Technology & Society. Taiwan:
Institute of Graduate Institute of Learning & Instruction, National Central University,
Taiwan // 2Institute of Education, National Chiao Tung University, Taiwan // 3 Taipei
Municipal Shi-Dong Elementary School, Taiwan // 4 Department of Nature Science,
Taipei Municipal University of Education.
Hsiao, Hsien Sheng dkk.2010. ocation Based Services for Outdoor Ecological Learning System:
Design and Implementation. Educational Technology & Society. Taiwan: Department of
Technology Application and Human Resource Development, National Taiwan Normal
University, Taipei, Taiwan 1 Department of English, National Taiwan Normal University.
Witthaus, Gabrille. (2009). The Implication of SCORM Conformance for Workplace e-learning.
Electronic Journal of e-Learning Volume 7 Issue 2 2009,hal 01 (183-190). England:
Journal International New Leaf Training Network Ltd.