PENERAPAN PENDEKATAN HEURISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Laila Mutiara Sari UIN Sumatera Utara Medan
  • Rahmayati Fitria Purba UIN Sumatera Utara Medan
  • Rizki Umayroh UIN Sumatera Utara Medan
  • Siti Munawaroh UIN Sumatera Utara Medan
  • Rizki Akmalia UIN Sumatera Utara Medan
Keywords: Heuristics, Learning Outcomes, Science

Abstract

This article was written with the aim of knowing how to apply the heuristic approach to improve student learning outcomes at the elementary level/Madrasah Ibtidaiyah, especially in Natural Science subjects. This study uses a qualitative method, namely by conducting a literature review. The author collects data and information from trusted journals and books for the truth and in accordance with the discussion of this article. With this paper, it is hoped that science subject teachers in particular to be able to apply this heuristic approach because it is believed that various research results and various other literatures can consistently improve student learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Suhaenah, Suparno, 2001, Membangun Kompetensi Belajar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Amaliah, B (2020). Pengembangan Metode Initial Basic Feasible Solution Dengan Menggunakan Pendekatan Heuristik Untuk Mencapai Solusi Optimal Pada Transportation Problem., repository.its.ac.id, https://repository.its.ac.id/76060/

Basuki, M, Hermanto, MZ, Aprilyanti, S, & Junaidi, M (2019). Perancangan Sistem Keseimbangan Lintasan Produksi dengan Pendekatan Metode Heuristik. Jurnal Teknologi, jurnal.umj.ac.id, https://jurnal.umj.ac.id/index.php/jurtek/article/view/2740

Dimyati dan Mudjiono, 1999, Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar, 2001, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hudojo, Herman, 1995, Strategi Mengajar Belajar, Malang: IKIP Malang, Malang

Muhili, M, HASANUDDIN, H, & Badariah, B (2021). PERBANDINGAN PENGGUNAAN PENDEKATAN PAKEM DENGAN PENDEKATAN HEURISTIK TERHADAP BASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MADRASAH …., repository.uinjambi.ac.id, http://repository.uinjambi.ac.id/9153/1/MUHILI.pdf

Isnainiyah, AM, Holisin, I, & Mursyidah, H (2020). Penarapan Pendekatan Heuristik Dengan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (Mea) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PROCEEDING …, 103.114.35.30, http://103.114.35.30/index.php/Pro/article/view/4353

Kurniasih, J, & Henderi, H (2018). Kajian Optimasi Query Dengan Pendekatan Heuristik. Jurnal Dinamika Informatika, jdi.upy.ac.id, https://jdi.upy.ac.id/index.php/jdi/article/view/4

Lestarai, I. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Demonstrasi. Academy of Education Journal, 9(2), 95-100. https://doi.org/10.47200/aoej.v9i2.261

Marsiyah, M. (2016). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG GERHANA BULAN DAN MATAHARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI SD NEGERI 1 KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Academy of Education Journal, 7(1), 53-66. https://doi.org/10.47200/aoej.v7i1.350

Ngadino, 2012, Penerapan Pendekatan Heuristik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Cahaya Dalam Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Kebak Tahun Ajaran 2011/2012, Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammdiyah Surakarta (http://eprints.ums.ac.id/17483/1/HALAMAN_DEPAN.pdf)

Nurhadi dan Agus Gerrad Senduk, 2003, Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang

Pramita, D, & Rusmayadi, M (2018). Pengaruh strategi heuristik pada pendekatan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika kelas VIII SMP. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi …, journal.ummat.ac.id, http://journal.ummat.ac.id/index.php/jtam/article/view/722

Sahputra, RJ, & Muzakir, A (2020). Penerapan AI Melalui Pendekatan Heuristik Semilaritas Pada Game Edukasi Anak Usia Dini. Jurnal Pengembangan Sistem …, journal.jis-institute.org, http://journal.jis-institute.org/index.php/jpsii/article/view/547

Senduk, Nurhadi dan Agus Gerrad, 2003, Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang

Sholva, Y, Tjahjanto, T, & Anra, H (2019). PENDEKATAN HEURISTIK SPASIAL PADA SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU. Seminar Nasional Penerapan Ilmu …, pipt.untan.ac.id, http://pipt.untan.ac.id/index.php/seminarpipt/2019/paper/viewPaper/670

Suprayekti, 2005, Interaksi Belajar Mengajar, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Susanto, Ahmad, 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media

Suzan, L (2020). PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN HEURISTIK (Studi Kasus pada Pedagang Tradisional yang Dikelola oleh PD Pasar …. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Ekonomi, journal.widyatama.ac.id, http://journal.widyatama.ac.id/index.php/jabe/article/view/465

Syah, Muhibbin, 1999, Psikologi Pembelajaran, Bandung: Logos Wacana Ilmu

Taonah, T. (2016). PENGUNAAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 3 PURWOJATI SEMESTER I TAHUN PEAJARAN 2015/ 2016. Academy of Education Journal, 7(1), 36-44. https://doi.org/10.47200/aoej.v7i1.348

Tiana, M (2018). RANCANG BANGUN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN HEURISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA., repository.upi.edu, http://repository.upi.edu/id/eprint/34947

Trisilaningsih, Bompi Wahyu, 2018, Penggunaan Metode Pembelajaran Heuristik Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar PKN SISWA KELAS V SDN Samaran I Semester I Tahun Ajaran 2017/2018, Jurnal Widyagogik, Vol. 6. No. 1 Juli-Desember 2018.

Winataputra, Udin S. 2005, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Universitas Terbuka.

Published
2022-07-01
How to Cite
Sari, L., Purba, R., Umayroh, R., Munawaroh, S., & Akmalia, R. (2022). PENERAPAN PENDEKATAN HEURISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Academy of Education Journal, 13(2), 199-209. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i2.1234