PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWAKELAS VII SMP BHINA KARYA RONGKOP

Authors

  • Suparta Suparta

DOI:

https://doi.org/10.47200/aoej.v5i2.119

Keywords:

Metode PAIKEM meningkatkan prestasi belajar siswa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Bhina Karya Rongkop dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Subjek penelitian siswa kelas VII SMP Bhina Karya Rongkop. Dengan metode penelitian menggunakan diskriptif kwantitatif dengan persentase digambarkan menurut kriteria yang dilaksanakan dengan 2 siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus pertama dengan metode ceramah dari hasil evaluasi belajar diperoleh 60% siswa yang dinyatakan sukses dengan nilai rata-rata 54. Pada siklus ke-2 menggunakan pendekatan PAIKEM dari 20 siswa mendapat nilai diatas 75 dan yang mendapat nilai 45 ada 2 siswa dan belum memenui ketuntasan belajar, dikarenakan siswa bersangkutan mengalami gangguan pendengaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bower dan Hilgard, (1981: 11). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

De Cecco, Grawford, (1974). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kurikulum Subdin Pembinaan Pendidikan Dasar, (2003). Pedoman Pembelajaran di Sekolah

melalui Pendekatan Kontekstual. Semarang: Dinas P dan K.

Gagne, Briggs dan Wagar, (1992). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Gagne dan M. Driscoll, (1993). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hull, (1943). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Jerome. S Runner, ( 1915 ). Teori Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Margaret G, Bell. 117-129. (1977). Teori Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Maslaw, ( 1954 ). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurhadi dan Senduk, (2003:3). Makalah Kurikulum dan Pembelajaran, Makalah Ilmu

Peadidikan. Internet 2009.

W.S.Poerwadarminto,. (1993). Kamus Besar BI. Jakarta: Balai Pustaka.

Downloads

Published

2014-07-01

How to Cite

Suparta, S. (2014). PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWAKELAS VII SMP BHINA KARYA RONGKOP. Academy of Education Journal, 5(2). https://doi.org/10.47200/aoej.v5i2.119