IDENTIFIKASI KESULITAN-KESULITAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKN DI SMA PATRIA KABUPATENBANTUL YOGYAKARTA

Erma Dwi Hartati

  • FKIP UCY FKIP UCY
Keywords: Kesulitan Guru, Pembelajaran, PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan guru PKn dalam proses pembelajaran Pkn di SMA Patria Kabupaten Bantul, permasalahan yang hendak diangkat pada penelitian ini adalah apa yang menjadi kesulitan guru Pkn dalam proses pembelajaran Pkn di SMA Patria Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan apa yang menjadi kesulitan guru Pkn dalam proses pembelajaran Pkn di SMA Patria Bantul Yogyakarta. Identifikasi kesulitan guru dalam proses pembelajaran Pkn adalah mengidentifikasi atau proses mencari dan menemukan hal atau permasalahan yang menjadi penghambat guru kegiatan belajar mengajar dikelas dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang biasa ditemui guru dalam melaksanakan proses pembelajaran Pkn di SMA Patria Bantul Yogyakarta adalah apabila ada anak yang tidak masuk sekolah, sebab siswa tersebut akan kesulitan memahami materi yang disampaikan, selain itu kurang antusia siswa dalam belajar, kemungkinan karena kompleksitas permasalahn yang dihadapi siswa baik dirumah atau disekolah , dan kesulitan lebih kepada pengukuran keberhasilan siswa, yaitu benar tidaknya siswa memahami apa yang disampaikan oleh guru dikelas, kesulitan juga dihadapi guru pada pemilihan metode pembelajaran, serta terbatasnya buku penunjang pembelajaran.

Published
2019-05-09
How to Cite
UCY, F. (2019). IDENTIFIKASI KESULITAN-KESULITAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKN DI SMA PATRIA KABUPATENBANTUL YOGYAKARTA. Academy of Education Journal, 5(2). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/118