IDENTIFIKASI KESULITAN-KESULITAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKN DI SMA PATRIA KABUPATENBANTUL YOGYAKARTA

  • Erma Dwi Hartati
Keywords: Kesulitan Guru, Pembelajaran, PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan guru PKn dalam proses pembelajaran Pkn di SMA Patria Kabupaten Bantul, permasalahan yang hendak diangkat pada penelitian ini adalah apa yang menjadi kesulitan guru Pkn dalam proses pembelajaran Pkn di SMA Patria Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan apa yang menjadi kesulitan guru Pkn dalam proses pembelajaran Pkn di SMA Patria Bantul Yogyakarta. Identifikasi kesulitan guru dalam proses pembelajaran Pkn adalah mengidentifikasi atau proses mencari dan menemukan hal atau permasalahan yang menjadi penghambat guru kegiatan belajar mengajar dikelas dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang biasa ditemui guru dalam melaksanakan proses pembelajaran Pkn di SMA Patria Bantul Yogyakarta adalah apabila ada anak yang tidak masuk sekolah, sebab siswa tersebut akan kesulitan memahami materi yang disampaikan, selain itu kurang antusia siswa dalam belajar, kemungkinan karena kompleksitas permasalahn yang dihadapi siswa baik dirumah atau disekolah , dan kesulitan lebih kepada pengukuran keberhasilan siswa, yaitu benar tidaknya siswa memahami apa yang disampaikan oleh guru dikelas, kesulitan juga dihadapi guru pada pemilihan metode pembelajaran, serta terbatasnya buku penunjang pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, Saifudin, (1999) Metode Penelitian Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bambang Suteng, dkk.(2006). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta;Erlangga

Poerwadarminta, W.J.S, (1984) Kamus Umum Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka

Soenarjati, Dra. Drs. Cholisin (2002) Dasar-Dasar Pendidikan Moral Dalam Kurikulum

Sekolah, Cetakan ke-V Yogyakarta Goeboek Indonesia

Suharsimi Arikunto, (1998) Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Jakarta: Rineka

Cipta

Published
2014-07-01
How to Cite
HartatiE. (2014). IDENTIFIKASI KESULITAN-KESULITAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKN DI SMA PATRIA KABUPATENBANTUL YOGYAKARTA. Academy of Education Journal, 5(2). https://doi.org/10.47200/aoej.v5i2.118