PENERAPAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN BIDANG STUDI PKn DI SD GIRISUKO PANGGUNG GUNUNG KIDUL

  • Purwanti Purwanti
Keywords: Metode, Role Playing, PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode role playing sabagai metode pembelajaran PKn serta untuk mengetahui kendala dalam penerapan metode role playing di sekolah dasar negeri girisuko. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah guru PKn 6 orang dari kelas I sampai dengan kelas VI sekolah dasar negeri Girisuko kecamatan Panggang. Cara pengumpulan data dengan metode observasi dan wawancara. Sedang untuk menganalisis data dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan tri anggulasi. Hasil penelitian bahwa semua guru berusaha menerapkan metode role playing sebagai salah satu variasi metode belajar sehingga siswa tidak bosan dan jenuh. Tingkat intensitas yang masih kurang dikarenakan waktu yang kurang. Cara mengatasinya yaitu dengan menugaskan guru mengikuti seminar, diklat dan karya wisata.

References

Bambang D. (1989). Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila, Semarang: Aneka Ilmu.

Depdikbud. (1995). Kurikulum Sekolah Dasar PKn Suplemen 1999, Jakarta: Depdikbud.

Kartini Kartono. (1990). Pengantar Metodologi Riset Sosial, Bandung: Mandar Maju.

Sudirman. (1992). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suharsimi Arikunto. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik, Jakarta: Rineka

Cipta.

Published
2014-07-01
How to Cite
Purwanti, P. (2014). PENERAPAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN BIDANG STUDI PKn DI SD GIRISUKO PANGGUNG GUNUNG KIDUL. Academy of Education Journal, 5(2). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/116