SMALL GROUP DISCUSSION BERBASIS READING GUIDE UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA MTs

Authors

  • Ahmad Nasir Ari Bowo

DOI:

https://doi.org/10.47200/aoej.v5i2.114

Keywords:

Small Group Discussion, Reading Guide, Keaktifan, Hasil Belajar, Sikap Positif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn materi sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan Indonesia pada siswa kelas VIII MTs Darrul Quran Karangmojo Tasikamdu Karanganyar tahun 2013 melalui penerapan strategi pembelajaran small group discussion berbasis reading guide. Keaktifan siswa sangat kurang sebelum diberikan tindakan penelitian dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya, antara lain: menggunakan strategi pembelajaran diskusi, tanya jawab, dan ceramah. Hasil penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran small group discussion berbasis reading guide. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII MTs Darrul Quran Karangmojo Tasikmadu Karanganyar yang berjumlah 22 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan melalui satu tahap. Diharapkan dengan penerapan strategi pembelajaran small group discussion berbasis reading guide keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran PKn materi sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan Indonesia pada siswa kelas VIII MTs Darrul Quran Karangmojo Tasikmadu Karanganyar Tahun 2013 dapat meningkat minimal 80% dari 22 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi sikap positif kedaulatan rakyat dalam sistem pemerintahan Indonesia kelas VIII MTs Darrul Quran Karangmojo Tasikmadu Karanganyar Tahun 2013 yaitu dari yang aktif dalam proses pembelajaran PKn sebelum diadakan penelitian adalah 5 siswa (22,7%), kemudian hasil belajar siswa yang memenuhi KKM (70) adalah 8 siswa (36,3%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran small group discussion berbasis reading guide, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat menjadi 19 siswa (86,3%). Sedangkan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM meningkat menjadi 20 siswa (90,9%). Berdasarkan data hasil penelitian tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Small group Discussion berbasis Reading Guide mampu Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Sikap Positif terhadap Kedaulatan Rakyat dalam Sistem Pemerintahan Indonesia pada Kelas VIII MTs Darrul Quran Karangmojo Tasikmadu Karanganyar Tahun 2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Refisi VI.

Jakarta: Rineka Cipta.

Bariroh, Barorotul. 2010. Metode Reading Guide (Panduan Membaca) Dalam Pembelajaran SKI

di Tingkat Madrasah Aliyah (http://elbarir.Blogspot. com/2010/04/metode-readingguide.

html. Diakses Rabu, 30 Maret 2013 Pukul 14.50 WIB.

Ernawati, Dewi. 2012. Upaya Meningkatkan Keaktifan Melalui Strategi Reading Guide Di

Kolaburasikan Dengan Strategi True Or False Dalam Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas

X Program Keahlian Pemasaran I SMK Negeri 1 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun

Ajaran 2011/2012.

Haryati, Dyah. 2012. Upaya Meningkatkan Ketuntasan Belajar Materi Makna Proklamasi

Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama Melalui Strategi Small Group Discussion Di

Kolaburasikan Dengan Team Quiz Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 2 Jatipuro Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012.

Surakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Http://mashafid78.Blong-spot.com/20110201 arcive.html. Diakses Rabu, 30 April 2013 Pukul

20 WIB.

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber tentang

Metode-metode Baru). Jakarta: UIP.

Miatun, Aris. 2011. Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort Bervariasi Sebagai Upaya

Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Budaya Politik Di

Indonesia Pada Siswa XI TKR 2 SMK Muhammadiyah 1 Delanggu Klaten Tahun 2010.

Surakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zaini, Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Downloads

Published

2014-07-01

How to Cite

Ari Bowo, A. N. (2014). SMALL GROUP DISCUSSION BERBASIS READING GUIDE UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA MTs. Academy of Education Journal, 5(2). https://doi.org/10.47200/aoej.v5i2.114