APLICATION OF TRADITIONAL GAMES DAKON (ATGD) SEBAGAI LANGKAH UNTUK MEMBENTUK NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI TK KREATIF PRIMAGAMA TERBAN

Authors

  • Sri Nuryanto

DOI:

https://doi.org/10.47200/aoej.v5i1.112

Keywords:

Permainan tradisional, Karakter, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membentuk nilai karakter yang unggul pada anak usia dini di TK Kreatif Primagama Terban Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam permainan tradisional ini yaitu dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sesuai dengan desain yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disaat siklus pertama siswa masih sulit untuk dikondisikan serta diarahkan, terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam bermain dakon, tim peneliti segera memberikan bimbingan dan pengarahan kepada siswa tersebut. Selain itu, terdapat beberapa siswa yang terlihat antusias dengan mengikuti jalannya permainan dakon. Pada siklus pertama para siswa asyik dengan dakonnya tersebut, hingga ada siswa yang tidak mau bergantian dengan lawan mainnya, ada yang menangis dan saling berebut isi dakon (congklak). Selanjutnya di siklus kedua dan ke tiga mengalami perubahan yang signifikan, siswa yang bersangkutan sudah bisa memahami nilai-nilai karakter misalnya nilai kesabaran, menghormati antar sesama, dan rasa peduli dengan karakter mereka yang masih anak-anak. Kemudian tim peneliti menambahkan penjelasan karakter yang mereka pahami tersebut dengan bahasa yang dapat mereka mengerti. Dengan adanya permainan tradisional dakon ini harapannya dapat diterapkan dalam media pembelajaran sekolah khususnya pada pendidikan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk

Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, oleh Pusat Kurikulum Departemen

Pendidikan Nasional, 2010.

Bennett, Neville. (2005). Teaching through play teachers thinking and classroom

practice.(Terjemahan Nur Adi Trastria) USA: Open University press. (Buku asli

diterjemahkan 1998)

Cony Semiawan. (2008). Belajar dan pembelajaran pra Sekolah da Sekolah dasar. Jakarta: Indeks

Kemendiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama . Jakarta

Nuh, Muhammad. 2010. Pentingnya Kejujuran dan Pendidikan Karakter dalam Membangun

Bangsa. http://m.antaranews.com (diakses pada tanggal 16 April 2012 Pk. 21.30 wib)

Mulyadi, S. (2004). Bermain dan kreativitas (Upaya Mengembangkan kreativitas anak melalui

Kegiatan Bermain). Jakarta: Papas Sinar Sinanti .

Suparlan. 2010. Pendidikan Karakter dan Kecerdasan. http://www.suparlan.com/pages/-

posts/pendidikan-karakter-dan-kecerdasan-288.php. (diakses pada tanggal 16 April 2012

Pk. 21.00 wib).

Suwarsih Madya. 2007. Teori Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta

Warsono, dkk, 2010. Model Pendidikan Karakter di Universitas negeri Surabaya, Surabaya :

Unesa.

http://safawi.multiply.com/ 2007. Wikipedia Indonesia (diakses pada tanggal 16 April 2012 Pk.

00 wib)

Downloads

Published

2014-01-01

How to Cite

Nuryanto, S. (2014). APLICATION OF TRADITIONAL GAMES DAKON (ATGD) SEBAGAI LANGKAH UNTUK MEMBENTUK NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI TK KREATIF PRIMAGAMA TERBAN. Academy of Education Journal, 5(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v5i1.112