PERKEMBANGAN MORAL SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF SOKORINI KEC. MUNTILAN KAB. MAGELANG MENURUT TEORILAWRENCE KOHLBERG

Authors

  • Paiman Paiman

DOI:

https://doi.org/10.47200/aoej.v5i1.108

Keywords:

moral siswa, dan teori Lawrence Kohlberg

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui perkembangan moral siswa kelas VI MI Ma’arif Sokorini Magelang menurul Lawrence Kohlberg. Dengan demikian permasalahan yang akan dipecahkan adalah pada tahap apakah perkembangan moral siswa kelas VI MI Ma’arif Sokorini yang sesuai dengan tahapan pada teori Lawrence Kohlberg. Penelitian ini merupakan penelitian deskrptif kualitatif,pengumpulan data melalui kuesioner, subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VI, analisis data dengan analisis kualitatif melalui tahap-tahap reduksi data, display, conclusions drawing and veifying, triangulasi dan kesimpulan. Hasil analisis data penelitian menunjukkan perkembangan moral siswa kelas VI MI Ma’arif Sokorini berada pada thapan pra konvensional dimana pada tahap ini siswa memiliki ketaatan terhadap hokuman dan kepatuhan, anak taat pada peraturan. Patuh terhadap peraturan untuk menghindari hukuman. Disamping itu pada tahap ini siswa melakukan tindakan perbuatan baik bukan karena masalah keikhlasan tetapi lebih karena mengharap suatu balasan atau hadiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu ahmadi dan Chalid Narbuka, (1999) Metode Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara

Ronald Duska dan Mariellen Whelan, (1982) Perkembangan Moral Perkenalan dengan Piaget

dan Kohlbeg (Terjemahan Dwija Atmaja). Yogyakarta : Yayasan Kanisius.

Soenarjati, Dra. Drs. Cholisin (2002) Dasar-dasar Pendidikan Moral dalam Kurikulum Sekolah,

cetakan ke V. Yogyakarta: Goeboek Indonesia

Tata Usaha, Biografi dan Data Administrasi Sekolah, (2011) MI Ma’arif Sokorini Magelang

Downloads

Published

2014-01-01

How to Cite

Paiman, P. (2014). PERKEMBANGAN MORAL SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF SOKORINI KEC. MUNTILAN KAB. MAGELANG MENURUT TEORILAWRENCE KOHLBERG. Academy of Education Journal, 5(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v5i1.108