PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS IV DAN V SD SD NEGERI PANDEYANYOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Endarti Puriyanti

DOI:

https://doi.org/10.47200/aoej.v5i1.107

Keywords:

Kecerdasan afektif, konsep diri, perilaku dan prestasi belajar

Abstract

Psikologi pendidikan dan konsep diri dalam dunia pendidikan sangatlah penting baik dalam pembelajaran maupun bagi pendidik yang harus bisa memahami perilaku dirinya maupun perilaku peserta didik. Begitu pentingnya konsep diri dalam pendidikan akan berpengaruh terhadap perilaku dan prestasi belajar. Siswa dengan konsep diri positif akan memiliki prestasi belajar yang baik. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebagai pendidik harus melakukan strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan konsep diri siswa. Subyek penelitian ini adalah konsep diri dan prestasi belajar siswa SD N Pandeyan dengan jumlah sampel sebanyak 47 siswa dalam waktu penelitian antara bulan Mei- Juni. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar. Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan metode kuesioner untuk mendapatkan data tentang konsep diri dan dokumentasi untuk data prestasi belajar. Dengan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui konsep diri dan prestasi belajar siswa . Untuk mengetahui besarnya pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dilakukan dengan ujiregresi sederhana karena hanya ada satu variabel independen dan satu variabel dependen. Hasil pengujian regresi tunggal adalah koefisien regresi 0,942 dan R2=0,698 dengan arti bahwa konsep diri berpengaruh terhadap prestasi belajar sebanyak 69,8% sedangakan 30,2% dipengaruhi faktor dari luar penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daniel Goleman, (2015), “Emotional Intellegence”, Jakarta: Gramedia

Desminta, (2010), “Psikologi Perkembangan Peserta Didik”, Bandung: Remaja Rosdakarya

Elizabeth B. Hurlock, (1980), “Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang

Kehidupan”, Jakarta:Erlangga

Husein Umar, (2001), “Metode Penelitin Untuk Skripsi dan Tesis”, Jakarta: Rajawali Pres

Inge Hutagalung, (2007), “Pengembangan Kepribadian, Tinjauan Praktis Menuju Pribadi

Positif”, Jakarta: Indeks

Iskandar, (2012), “Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru)”, Jakarta: Referensi

Muhibbin Syah, (2004), “Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru”, Bandung: Remaja

Rosdakarya

Sugiyono, (2002), “Metode Penelitian Bisnis”, Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto, (2010), “Preosedur Penelitan : Suatu Pendekatan Praktis”, Jakarta: Rineka

Cipta.

Downloads

Published

2014-01-01

How to Cite

Puriyanti, E. (2014). PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS IV DAN V SD SD NEGERI PANDEYANYOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Academy of Education Journal, 5(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v5i1.107