PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS IV DAN V SD SD NEGERI PANDEYANYOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.47200/aoej.v5i1.107Keywords:
Kecerdasan afektif, konsep diri, perilaku dan prestasi belajarAbstract
Psikologi pendidikan dan konsep diri dalam dunia pendidikan sangatlah penting baik dalam pembelajaran maupun bagi pendidik yang harus bisa memahami perilaku dirinya maupun perilaku peserta didik. Begitu pentingnya konsep diri dalam pendidikan akan berpengaruh terhadap perilaku dan prestasi belajar. Siswa dengan konsep diri positif akan memiliki prestasi belajar yang baik. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebagai pendidik harus melakukan strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan konsep diri siswa. Subyek penelitian ini adalah konsep diri dan prestasi belajar siswa SD N Pandeyan dengan jumlah sampel sebanyak 47 siswa dalam waktu penelitian antara bulan Mei- Juni. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar. Berdasarkan analisis yang dilakukan dengan metode kuesioner untuk mendapatkan data tentang konsep diri dan dokumentasi untuk data prestasi belajar. Dengan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui konsep diri dan prestasi belajar siswa . Untuk mengetahui besarnya pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dilakukan dengan ujiregresi sederhana karena hanya ada satu variabel independen dan satu variabel dependen. Hasil pengujian regresi tunggal adalah koefisien regresi 0,942 dan R2=0,698 dengan arti bahwa konsep diri berpengaruh terhadap prestasi belajar sebanyak 69,8% sedangakan 30,2% dipengaruhi faktor dari luar penelitian.
Downloads
References
Daniel Goleman, (2015), “Emotional Intellegence”, Jakarta: Gramedia
Desminta, (2010), “Psikologi Perkembangan Peserta Didik”, Bandung: Remaja Rosdakarya
Elizabeth B. Hurlock, (1980), “Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang
Kehidupan”, Jakarta:Erlangga
Husein Umar, (2001), “Metode Penelitin Untuk Skripsi dan Tesis”, Jakarta: Rajawali Pres
Inge Hutagalung, (2007), “Pengembangan Kepribadian, Tinjauan Praktis Menuju Pribadi
Positif”, Jakarta: Indeks
Iskandar, (2012), “Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru)”, Jakarta: Referensi
Muhibbin Syah, (2004), “Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru”, Bandung: Remaja
Rosdakarya
Sugiyono, (2002), “Metode Penelitian Bisnis”, Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto, (2010), “Preosedur Penelitan : Suatu Pendekatan Praktis”, Jakarta: Rineka
Cipta.