MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO DAN HASIL PENILAIAN DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PANGGANG GIRIHARJO KECAMATANPANGGANG GUNUNG KIDUL
DOI:
https://doi.org/10.47200/aoej.v4i2.103Keywords:
Model, Portofolio, Penilaian, PKn, SDAbstract
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model pembelajaran portofolio dan hasil penilaian dalam bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas V SD Negeri Panggang I Giriharjo Gunung Kidul. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Panggang I Giriharjo Gunung Kidul. Untuk mendapatkan data digunakan metode wawancara obervasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data digunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Analisa data kuantitatif digunakan untuk menganilasa data yang berupa keterangan-keterangan, dan analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisa data perubahan jumlah atau frekuensi dari hasil pekerjaan siswa, selanjutnya dianalisa dengan rumus presentase. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dan penilaian portopolio bagi guru merupakan model yanh efektif, tidak membebani dan dapat dilaksanakan secara baik. Bagi siswa merasa diperhatikan oleh guru dan hubungan guru dengan siswa terjalin secara baik.
Downloads
References
Paulina Panen, 1999, Belajar dan Pembelajaran I, Jakarta: Universitas Terbuka.
Sardinian A.M., 1989, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali.
Suparwoto dkk, 1983, Hierarchi Tujuan Pendidikan (Modul 3), IKIP Yogyakarta.