BAGAIMANA MEWUJUDNYATAKAN/MEMPERKUAT VISI PROGRAM STUDI (PRODI) LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK)KE DALAM RANGKAIAN AKSI
DOI:
https://doi.org/10.47200/aoej.v4i2.102Keywords:
Eksistensi, filosofi, destruktif krestifAbstract
Eksistensi program studi kependidikan sangat dipengaruhi oleh upaya mempertegas hakekat keilmuan dan visi serta mewujudnyatakan dalam kesatuan aksi. Ketegasan hakekat keilmuan suatu program studi berkaitan erat dengan profil ideal lulusan dan kurikulum yang akan disusun. Tinjauan Filosofi keilmuan bidang ilmu program studi kependidikan harus jelas dan tegas, meliputi tinjauan ontologis, epistemologis dan axiologis. Selain itu harus terpenuhi syarat sebagai ilmu pengetahuan, meliputi : obyektif, metodis, dan universal. Agar visi dapat berubah atau diwujudnyatakan menjadi rangkaian aksi yang sistematis, dibutuhkan arsitektur organisasi yang mampu mensinergiskan 3 (tiga) hal dasar dalam organisasi, pada kondisi sekarang, dibutuhkan “destruksi kreatif” yang tegas, agar program studi studi LPTK mampu mewujudnyatakan/memperkuat visinya
Downloads
References
Admojo.1993. Filsafat Ilmu Pengetahuan, Wiki media
Bakhtiar. 2003. Definisi Ilmu Pengetahuan, dalam Sukarno
Evaluasi Diri FKIP UCY. 2009. Tim Evadiri FKIP UCY, Yogyakarta
Jujun S. Suriasumantri. 1981. Ilmu dalam Perspektif, PT Gramedia , Jakarta
---------------------------. 1994. Filsafat Ilmu (sebuah pengantar populer), Pustaka Sinar
Harapan, Jakarta
Kaelan. 2007.Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Filsafat UGM, Yogyakarta
Mudhofir. 2005. Hakekat Ilmu Pengetahuan , wiki media
Noeng Muhadjir. 1976. Logika Formil dan logika Matematika, Rake Sarasin,
Yogyakarta
Nuryati. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, FKIP UCY, Yogyakarta
Budiutomo, T. (2013). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA. Academy of Education Journal, 4(1). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/94
Peter Sange 1990.1992. Organizational, dalam Kertas kerja Djoko Susanto, STIE
YKPN, Yogyakarta
Sukarno .2005. Filsafat Ilmu Pengetahuan, FKIP UNS, Surakarta
Siswomihardjo. 2003. Ide-ide filsafat, dalam Sukarno
Supriyanto . 2003. Sifat Ilmiah Ilmu Pengetahuan, dalam Sukarno
UUD 1945
UU No 20 Tahun 1998 tentang Ketentuan Pokok Pertahanan Keamanan Republiik
Indonesia
UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Zamroni .2003. Kertas kerja, FPS-UNY, Yogyakarta