BAGAIMANA MEWUJUDNYATAKAN/MEMPERKUAT VISI PROGRAM STUDI (PRODI) LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK)KE DALAM RANGKAIAN AKSI

Authors

  • Tri Wahyu Budiutomo

DOI:

https://doi.org/10.47200/aoej.v4i2.102

Keywords:

Eksistensi, filosofi, destruktif krestif

Abstract

Eksistensi program studi kependidikan sangat dipengaruhi oleh upaya mempertegas hakekat keilmuan dan visi serta mewujudnyatakan dalam kesatuan aksi. Ketegasan hakekat keilmuan suatu program studi berkaitan erat dengan profil ideal lulusan dan kurikulum yang akan disusun. Tinjauan Filosofi keilmuan bidang ilmu program studi kependidikan harus jelas dan tegas, meliputi tinjauan ontologis, epistemologis dan axiologis. Selain itu harus terpenuhi syarat sebagai ilmu pengetahuan, meliputi : obyektif, metodis, dan universal. Agar visi dapat berubah atau diwujudnyatakan menjadi rangkaian aksi yang sistematis, dibutuhkan arsitektur organisasi yang mampu mensinergiskan 3 (tiga) hal dasar dalam organisasi, pada kondisi sekarang, dibutuhkan “destruksi kreatif” yang tegas, agar program studi studi LPTK mampu mewujudnyatakan/memperkuat visinya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admojo.1993. Filsafat Ilmu Pengetahuan, Wiki media

Bakhtiar. 2003. Definisi Ilmu Pengetahuan, dalam Sukarno

Evaluasi Diri FKIP UCY. 2009. Tim Evadiri FKIP UCY, Yogyakarta

Jujun S. Suriasumantri. 1981. Ilmu dalam Perspektif, PT Gramedia , Jakarta

---------------------------. 1994. Filsafat Ilmu (sebuah pengantar populer), Pustaka Sinar

Harapan, Jakarta

Kaelan. 2007.Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Filsafat UGM, Yogyakarta

Mudhofir. 2005. Hakekat Ilmu Pengetahuan , wiki media

Noeng Muhadjir. 1976. Logika Formil dan logika Matematika, Rake Sarasin,

Yogyakarta

Nuryati. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan, FKIP UCY, Yogyakarta

Budiutomo, T. (2013). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA. Academy of Education Journal, 4(1). Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/94

Peter Sange 1990.1992. Organizational, dalam Kertas kerja Djoko Susanto, STIE

YKPN, Yogyakarta

Sukarno .2005. Filsafat Ilmu Pengetahuan, FKIP UNS, Surakarta

Siswomihardjo. 2003. Ide-ide filsafat, dalam Sukarno

Supriyanto . 2003. Sifat Ilmiah Ilmu Pengetahuan, dalam Sukarno

UUD 1945

UU No 20 Tahun 1998 tentang Ketentuan Pokok Pertahanan Keamanan Republiik

Indonesia

UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Zamroni .2003. Kertas kerja, FPS-UNY, Yogyakarta

Downloads

Published

2013-07-01

How to Cite

Budiutomo, T. W. (2013). BAGAIMANA MEWUJUDNYATAKAN/MEMPERKUAT VISI PROGRAM STUDI (PRODI) LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK)KE DALAM RANGKAIAN AKSI. Academy of Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.47200/aoej.v4i2.102