PERILAKU MENYIMPANG SISWA SMA(Studi Eksplorasi Peta dan Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Menyimpang di SMA Negeri Jumapolo)

Authors

  • Ahmad Nasir Ari Bowo

DOI:

https://doi.org/10.47200/aoej.v4i2.101

Keywords:

Perilaku Menyimpang, Pelanggaran terhadap Peraturan dan Tata Tertib Sekolah, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peta perilaku menyimpang, faktor-faktor penyebab perilaku menyimpang, dan upaya-upaya untuk mengatasi perilaku menyimpang pada siswa SMA Negeri Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun 2011. Jumlah siswa SMA Negeri Jumapolo adalah 851 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa, serta arsip atau dokumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Prosedur dalam penelitian ini terdapat lima tahap yaitu pra lapangan, penelitian lapangan, observasi, analisis data, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peta atau gambaran bentuk-bentuk perilaku menyimpang siswa SMA Negeri Jumapolo Tahun 2011 yang sering dilakukan berupa pelanggaran terhadap peraturan dan tata tertib sekolah, meliputi membawa HP ke sekolah (66,9%), memalsukan surat ijin (50,1%), terlambat masuk sekolah (45,5%), tidak memakai seragam dan tidak rapi dengan ketentuan (42,4%), tidak membawa buku saku (39,6%), tidak masuk tanpa keterangan (35,2%), membolos sekolah (34,1%), tidak mengumpulkan tugas mata pelajaran (24,7%), tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang diwajibkan prosentase (21,26%), dan merokok dilingkungan sekolah (9,4%). Faktor-faktor yang menyebabkan perilaku menyimpang siswa SMA Negeri Jumapolo antara lain: kurang memiliki kontrol diri, pengaruh media cetak dan elektronik, keluarga, teman sebaya, masyarakat, ketidaksesuaian siswa dalam menghayati nilai-nilai yang berlaku disekolah, kebutuhan siswa, dan keinginan siswa dalam melakukan sesuatu. Upaya-upaya pihak sekolah dalam mengatasi perilaku menyimpang atau melanggar aturan-aturan dan tata tertib sekolah bervariasi, sesuai dengan bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh siswa. Sanksi yang paling ringan adalah dari pihak sekolah mengingatkan kepada siswa untuk tidak mengulangi pelanggaran tersebut, kemudian sanksi yang paling berat adalah siswa dikeluarkan dari sekolah. Setiap siswa yang melakukan pelanggaran selain mendapat sanksi dari pihak sekolah, juga mendapatkan angka kredit poin pelanggaran, dan apabila kredit poin-point pelanggaran tersebut mencapai 100 point, maka pihak sekolah mengeluarkan siswa tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, Fitri. 2005. Peran Polwiltabes dalam Penanganan Kenakalan Remaja di Kota

Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan.

Semarang:UNNES. Dikutip dari http://www.pustakaskripsi.com/peran-polwiltabes-dalampenanganan-

kenakalan-remaja-dikota-semarang-3056-html. (diakses pada 12 Februari

pukul 22.00 WIB).

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitiam Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta

Berry, David. 1995.Pokok-pokok Pikiran dalam Sosiologi. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Bungin, Burhan. 2008. Penelitan Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu

Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Dharma, Agus dan Taufiq, Nurjannah. 1997. Pengantar Psikologi I. Jakarta: Erlangga.

Gunarsa dan Gunarsa. 1995. Psikologi Anak dan Perkembangan Remaja. Jakarta: BPK Gunung

Mulia.

Hapsari, Ratna. 1995. Proses Sosialisasi dan Terbentuknya Perilaku Menyimpang pada Siswa

(Studi Kasus pada Sebuah SMU Negeri di Wilayah Kebayoran baru Jakarta Selatan).

Tesis. Program Pasca Sarjana. Program Studi Antropologi. Jakarta: UI Press. Dikutip dari

http://eprints.lib.ui.ac.id/11937/. (diakses pada tanggal 12 Februari 2011 pukul 21. 00

WIB).

Hardinansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta:

Salemba Humanika.

Hamidi. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan

Laporan Penelitian. Malang: UMM Pres.

Http://www.infoskripsi.com/Free-Resource/Konsep-Perilaku-Pengertian-Perilaku-Bentuk-

Perilaku-dan-Domain-Perilaku.html. (diakses pada tanggal 18 maret 2011 pukul 20.30

wib).

Http://www.kadnet.info/web/index.php?option=com_content&view=article&id=483:karakteristi

k -remaja-dan- pemuda& catid=87 :muda- mudi& Itemid=92. (diakses pada tanggal 18

maret 2011 pukul 21.00 wib).

Http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/newsprograms/2011/02/04/8160/ancamanseks-

bebas-di-kalangan-remaja. (diakses pada tanggal 20 maret 2010 pukul 20.00 wib).

Siahaan, MS Jokie. 2009. Perilaku Menyimpang Pendekatan Sosiologi. Jakarta: PT. Indeks.

Downloads

Published

2013-07-01

How to Cite

Ari Bowo, A. N. (2013). PERILAKU MENYIMPANG SISWA SMA(Studi Eksplorasi Peta dan Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Menyimpang di SMA Negeri Jumapolo). Academy of Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.47200/aoej.v4i2.101