PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN PKn SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK BHINA KARYA I RONGKOP

Authors

  • Nur Endah Luarsi

DOI:

https://doi.org/10.47200/aoej.v4i2.100

Keywords:

Metode, Think Pair Share, PKn, Motivasi, Siswa

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Bhina Karya I Rongkop dalam mata pelajaran PKn dengan menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kolaborasi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Bhina Karya I Rongkop Tahun Pelajaran 2015/ 2016 yang terdiri dari 22 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan metode Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari angket yang diolah dari pra siklus ke siklus I sebesar 4,40% dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan 4,07%. Sedangkan berdasarkan data observasi dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 4,26% dimana skor pada siklus I sebesar 74,15% meningkat menjadi 78,14%. Hal ini juga diperkuat dengan wawancara yang dilakukan, dimana data yang diperoleh menunjukan hasil yang sama dengan data angket.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nana Sudjana.1988. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya

Trianto.S. 2007. Model-Model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta:

Prestasi Pustaka.

Anita Lie. 2004. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang

Kelas, Jakarta: Grasindo (Gramedia Widiasarana Indonesia).

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK.

Malang:Universitas Negeri Malang.

Sardiman. A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

--------------------1992. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: CV Rajawali

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : PT.

Rineka Cipta

Winkel. W.1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta : Gramedia.

Santrock, J.W. 2007.Psikologi Perkembangan.Edisi 11Jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Brophy, J. 2004. Motivating Student to Learn. London : Lawrence Erlbaum Associates,

Publishers.

Depdiknas. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan, Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan

Kewarganegaraan, Jakarta : Depdiknas.

Wina Senjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Standar Pendidikan, Jakarta :

Kencana Prima.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, R & D).

Bandung : ALFABETA.

Kasijan. Z, 1984. Psikologi Pendidikan. Surabaya: PT. Bima Aksara.

Oemar Hamalik. 1990. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Sinar Baru

Suryosubroto. 1988. Dasar-dasar untuk Pendidikan di Sekolah. Jakarta: PT Prima Karya

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. 2002. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2013-07-01

How to Cite

Luarsi, N. E. (2013). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN PKn SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK BHINA KARYA I RONGKOP. Academy of Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.47200/aoej.v4i2.100