PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENGENDALIAN MUTU JALAN (Studi kasus di Propinsi DIY)

  • Rossy Machfudiyanto
Keywords: Variabel Pengaruh SDM, Mutu Jalan, AHP, Analisa Faktor

Abstract

Pengendalian mutu jalan dalam kaitannya dengan pengaruh sumber daya manusia yang ada, sangat membutuhkan perilaku manusia dalam kaitannya dengan berbagai situasi di lingkungan jalan. Variabel pengaruh dalam penelitian ini meliputi tingkat pendidikan, jenis kelamin, umur, tingkat pendidikan non formal, potensi, kompetensi, perilaku, latihan, kedisiplinan, kesehatan dan pengalaman kerja.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bobot prioritas variabel-variabel pengaruh yang mempengaruhi sumber daya manusia dalam mengendalikan mutu jalan yang meliputi pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan jalan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil survai. Survai dilakukan dengan metode kuesioner yang disebarkan oleh para ahli yang berkompeten di bidang pengendalian mutui jalan.

Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu dengan metode Analisis Faktor dan metode AHP. Untuk metode Analisis Faktor bertujuan untuk mereduksi variabel pengaruh SDM yang terbentuk. Hasil penelitian diperoleh dari sebelas variabel pengaruh SDM yang terbentuk yang kemudian diseleksi menggunakan metode Analisis Faktor didapatkan sembilan variabel pengaruh SDM terseleksi yang telah dikelompokkan menjadi tiga faktor yaitu pendidikan formal, perilaku pengalaman kerja.

Hasil penelitian dengan metode AHP diperoleh bobot prioritas masing-masing kriteria terhadap tujuan SDM untuk mengendalikan mutu jalan yaitu Pendidikan formal = 32,9 %, Perilaku = 27,7 %, Pengalaman kerja = 39,4 %. Pembobotan alternatif dalam pengendalian mutu jalan yang meliputi pembangunan jalan, peningkatan jalan, pemeliharaan jalan ditinjau dari variabel pengaruh SDM yang terseleksi diperoleh hasil yang hampir sama akan tetapi bobot prioritas yang terbesar terdapat pada pembangunan jalan sebesar 34,5% diikuti dengan peningkatan jalan sebesar 33,3% dan pemeliharaan jalan sebesar 32,2%.

References

Ancok, D., 2004. Psikologi Terapan: Mengupas Dinamika Kehidupan Manusia. Penerbit Darussalam, Yogyakarta.

Hurlock, Elizabeth B., 1978. Child Development, Sixth Edition. McGraw-Hill, Inc.

Hurlock, Elizabeth B., 1980. Development Psychology: A Life-Span Approach, Fifth Edition. McGraw-Hill, Inc.

Komputer, W., 2004. Pengolahan Data Statistik dengan SPSS 12. Penerbit ANDI OFFSET, Yogyakarta.

Koster, W. 2001. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Pegawai. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, hal 1-3. www.pdk.go.id/Jurnal/29/ Survei%20di%20PT%20Asuransi%20Akenlife. Pusat data dan Informasi Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Permadi, B. S., 1992. AHP. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Antar Studi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Poerwadarminta, W. J. S., 1982. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Penerbit Balai Pustaka, Jakarta.

Rostianti, I., 2003. Pemilihan Jalur Selatan di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan metode Analytical Hierarchy Process. Program S-1 Ekstensi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Saaty, Thomas L., 1990. Decision Making For Leaders: The Analytic Hierarchy Process in A Complex World. University of Pittsburgh.

Satriawan, R. H., 2001. Tinjauan Berbagai Alternatif jalur Tream Listrik di Yogyakarta. Program S-1 Reguler Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sumarsono, H. M. S., 2004. Metode Riset Sumber Daya Manusia. Penerbit GRAHA ILMU, Yogyakarta.

Walgito, B. 1990., Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Penerbit ANDI OFFSET, Yogyakarta.

Published
2021-02-01
How to Cite
Machfudiyanto, R. (2021). PENGARUH SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENGENDALIAN MUTU JALAN (Studi kasus di Propinsi DIY). CivETech, 3(1), 72 - 87. https://doi.org/10.47200/civetech.v3i1.726
Section
Articles