Tinjauan Stabilitas Lereng Akibat Beban Gempa Dengan Pemodelan Numeris (Studi Kasus Jalan Plono Kebun Teh Nglinggo Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta)

  • Destiyani Destiyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Zainul Faizien Haza Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Angga Darmawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
Keywords: Beban Gempa, Stabilitas Lereng, Metode Numeris

Abstract

Penelitian ini meninjau stabilitas lereng menggunakan metode numeris dan analitis. Pemodelan numeris dilakukan dengan menggunakan software Geoslope/W dan untuk analitis dengan Metode Bishop yang digunakan sebagai pembanding hasil analisis stabilitas. Dalam kedua metode yang digunakan, dilakukan juga perhitungan terhadap beban gempa dan beban yang bekerja pada lereng. Pada penelitian ini digunakan tiga jenis kemiringan lereng, yaitu 1,5H : 1V, 2H:1V dan 3H:1V. Hasil analisis faktor aman (SF) berdasarkan metode numeris, pada kemiringan 1,5H : 1V tanpa beban gempa diperoleh nilai SF sebesar 2,40 dan dengan beban gempa yaitu 1,81. Pada kemiringan 2H:1V tanpa beban gempa didapatkan 2,41 dan dengan beban gempa diperoleh 1,90. Pada kemiringan 3H:1V tanpa beban gempa didapatkan 2,73 dan dengan beban gempa yaitu 2,04 (aman). Adapun hasil analisis faktor aman (SF) yang diperoleh menggunakan metode analitis adalah pada kemiringan 1,5H : 1V tanpa beban gempa yaitu 1,31 dan dengan beban gempa yaitu 1,05. Pada kemiringan 2H:1V tanpa beban gempa didapatkan 2,03 dan dengan beban gempa yaitu 1,55. Pada kemiringan 3H:1V tanpa beban gempa didapatkan 2,07 dan dengan beban gempa diperoleh nilai 1,70.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Destiyani Destiyani, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Zainul Faizien Haza, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Angga Darmawan, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

References

Aprianti Emilda. (2021). Perbandingan analisis stabilitas lereng dengan menggunakan Metode Fellenius Dan Bishop. Tugas Akhir, Universitas Muhammadyah Mataram.

Ardyana Lingga (2019). Analisis stabilitas lereng dengan perkuatan geotekstil menggunakan Program Geoslope. Tugas Akhir, Universitas Islam Indonesia.

Chasanah Uswatun (2012). Analisis stabilitas lereng dengan perkuatan geotekstil menggunakan Program Geoslope. Tugas Akhir, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hardiyatmo (2012) Mekanika Tanah II. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Hardiyatmo, H.C. (2003). Mekanika Tanah II. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Published
2022-01-03
How to Cite
Destiyani, D., Haza, Z., & Darmawan, A. (2022). Tinjauan Stabilitas Lereng Akibat Beban Gempa Dengan Pemodelan Numeris (Studi Kasus Jalan Plono Kebun Teh Nglinggo Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta). CivETech, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.47200/civetech.v4i1.1101
Section
Articles