PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PENERAPAN BUDAYA KESELAMATAN KERJA ( DI PERUSAHAAN KONSTRUKSI PT SINAI INDONESIA )

  • Erlina Erlina Fakultas Teknik UCY
Keywords: Kepemimpinan, Budaya Organisasi, dan Budaya Keselamatan Kerja (K3)

Abstract

Masalah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Indonesia sebenarnya telah lama mendapat perhatian dan dukungan dari pemerintah sejak ditetapkannya Undang-Undang Keselamatan Kerja Nomor 1 Tahun 1970. Ancaman kecelakaan di tempat kerja di negara berkembang seperti Indonesia masih sangat tinggi, hal itu terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K-3). Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara utuh dapat meminimalkan risiko terjadinya kecelakaan kerja. Namun, pada kenyataannya masih banyak hambatan yang sering dihadapi, baik dari pihak perusahaan maupun dari pihak pekerja, sehingga kecelakaan kerja kebanyakan terjadi dikarenakan faktor perilaku tidak aman (unsafe act) oleh pekerja itu sendiri.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan pengaruh budaya organisasi terhadap penerapan budaya keselamatan kerja di PT Sinai Indonesia.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan kuesioner untuk memperoleh data yang di ambil menggunakan teknik sampling, dan diolah menggunakan frequency distribution dalam program SPSS 16.

Hasil dari penelitian di peroleh Kepemimpinan (X1) secara parsial didapat t hitung (1,265) < t (2,052) sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap penerapan Budaya Keselamatan Kerja (Y) di PT Sinai Indonesia, sedangkan pada variabel Budaya Organisasi (X2) secara parsial di dapat t hitung (3,085) > t (2,052) maka kesimpulannya faktor Budaya Organisasi (X2) berpengaruh terhadap penerapan budaya keselamatan kerja (Y) di PT Sinai Indonesia.

 

References

Abdurrahman, Muhammad Usaid. (2011). Pengaruh iklim organisasi dan iklim beretika terhadap penyimpangan perilaku sumber daya manusia.

Baizuri, Reza. (2009). Hubungan antara persepsi bawahan terhadap perilaku Kepemimpinan atasan dengan sikap terhadap perubahan budaya organisasi : (studi kasus:PT. XYZ).

Bass, Bernard M., Riggio, Ronald E. (2006). Transformational Leadership. London : Lawrence Erlbaum Associates.

Chandra, Aditya. (2005). Pengaruh budaya keselamatan kerja pada perilaku pekerja terhadap keselamatan kerja. S2-Tesis. Universitas Kristen Petra. Surabaya. 1 April 2012. http://dewey.petra.ac.id.

Endroyo, Bambang (2013). Model Pembelajaran Keselamatan Dan KesehatanKerja Berbasis Industri Pada Pendidikan Tinggi Vokasi Bidang Teknik Sipil. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta

Martinez-Corcoles, Mario., Gracia, Francisco.,M.Piero, Jose. (2011). Leadership and employees’ perceived safety behaviours in a nuclear power plant: A structural equation model. Safety Science Vol. 49, hal. 1118-1129. Skripsi Fakultas Ekonomi. Universitas Indonesia, Depok.

Published
2020-01-08
How to Cite
Erlina, E. (2020). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PENERAPAN BUDAYA KESELAMATAN KERJA ( DI PERUSAHAAN KONSTRUKSI PT SINAI INDONESIA ). Jurnal Teknik Sipil, 12(1), 1-7. Retrieved from https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/teknik_sipil/article/view/292