Meningkatkan Minat Serta Hasil Belajar PAI Dan BP Melalui Metode Diskusi Kelompok

Pelajar Kelas V SDN Sidamulya 01 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Susi Mar’atun Salichah SD Negeri Sidamulya 01
Keywords: group discussion, interest, learning outcomes

Abstract

The purpose of this study was to increase the interest and learning outcomes of fifth grade students at SDN Sidamulya 01 in PAI and BP learning using the group discussion method. The type of research is Classroom Action Research (CAR). This study uses the Kemmis and Mc. Taggart. The research subjects were 14. Data collection techniques were test, observation and documentation techniques. Validation of data by triangulation technique Data analysis method using qualitative data analysis. The results of the study prove that the use of group discussion methods can increase student interest, showing the acquisition in the initial study of 6 students (42.86%) to 9 students or 64.29% and 13 students or 92.86% in the last cycle. Student learning outcomes from an average of 57.14 in the initial study, to 66.43, and in the second cycle to 76.43. The level of mastery learning just reached 4 students or 28.57% in the initial conditions, increased to 6 students or 42.86% and 13 students or 92.86% in the second cycle.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Catharina, dkk. 2004. Psikologi Belajar. Semarang : UPT MKK UNNES

Crow, 1984, Psikologi Pendidikan, Surabaya: Bina Ilmu

Hermawan, Toto. 2016. “Pengaruh Kemampuan Bertanya Terhadap Hasil Belajar.” Intersections 1(1).

Hidayat, Wahyu Diantoro. 2018. “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus Di MIN Jejeran).” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 8(1):35–48.

I.G.A.KWarsertai, dkk. 2004. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta:Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Kasbolah, Kasihani. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dikti Depdikbud.

Khasanah, Alfi Mar’atul. 2019. “Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik.” in Pendidikan Agama Islam Dan Penguatan Karakter Religius Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, diedit oleh L. N. Kholidah. Malang: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang.

Prihantoro, Agung, dan Fattah Hidayat. 2019. “Melakukan Penelitian Tindakan Kelas.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 9(1):49–60.

Rahmawati, Arum Yuli Dwi, Muhammad Nasruddin, dan Imroatun Imroatun. 2020. “Peran Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Di Wilayah Pesisir Utara Pulau Jawa.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 5(1):1–12. doi: 10.47200/jnajpm.v5i1.417.

Rahmawati, Arum Yuli Dwi, Muhammad Nasruddin, dan Imroatun Imroatun. 2020. “Peran Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Di Wilayah Pesisir Utara Pulau Jawa.” Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat 5(1):1–12. doi: 10.47200/jnajpm.v5i1.417.

Sarumaha, Yenny Anggreini. 2016. “Perubahan Pembelajaran Yang Berpusat Pada Guru Ke Berpusat Pada Siswa.” Intersections 1(1).

Setyowati, Erna, Ika Septi Hidayati, dan Toto Hermawan. 2020. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur.” Intersections 5(2):26–37. doi: 10.47200/intersections.v5i2.553.

Sudjana, N. 1989. Dasar -dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Sudjana, Nana. 2002.Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sulistiyo, Rozib. 2016. “Penguatan Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Akhlak Di Sekolah.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 6(1):1–10.

Sumiati serta Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Suradi & Kristina (Ed). 2004. Manajemen Pembelajaran Cetakan ke 2. Jakarta: Rineka Cipta

Sya’bani, Sri Andria. 2016. “Peran Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Di SMAN 3 Mataram | Al-Munawwarah : Jurnal Pendidikan Islam.” Al-Munawarah.

Published
2021-06-24
How to Cite
Salichah, S. (2021). Meningkatkan Minat Serta Hasil Belajar PAI Dan BP Melalui Metode Diskusi Kelompok. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 6(2), 103 - 114. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v6i2.798
Section
Articles