Pembelajaran Interaktif Bahasa Arab Pada Siswa Kelas 4 di SDIT Tunas Mulia Wonosari
DOI:
https://doi.org/10.47200/jnajpm.v9i2.3183Keywords:
Interactive Learning, Language Learning Arabic, Primary SchoolAbstract
This study aims to analyze how interactive methods are applied in Arabic language learning in grade IV SDIT Tunas Mulia Wonosari, and to identify its impact on student engagement and understanding. Data collection for this descriptive qualitative study was conducted through observation, in-depth interviews with teachers, students, and documentation. The results of the study indicate that interactive learning can increase students' enthusiasm and active participation in Arabic language learning, especially in arranging hijaiyah letters. In addition, interactive Arabic language learning helps students develop and improve their cognitive, psychomotor, and affective skills, as well as collaboration and communication skills. However, this study also found varying challenges in student ability levels and effective classroom management. This study concludes that interactive learning has great potential to improve the quality of learning to arrange Hijaiyah letters in elementary schools.
Downloads
References
Abdussamad, Juriko, Imam Sopingi, Budi Setiawan, and Nurhikmah Sibua. 2024. Research Methods: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods (Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mixed Methode).
Adolph, Ralph. 2016. “済無No Title No Title No Title.” 09(September):1–23.
Anugrah, Ruri Liana, Resy Mulyani, and Roihanah Zakiyah. 2025. “Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif Berbasis Digital Sebagai Upaya Pengembangan Kompetensi Siswa Di Sma It Imam Asy Syafi ’ I Pekanbaru.” (4):1–10.
As-samawi, Harley Agustian. 2024. Ilmu Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif Berbasis Artificial Intelegence.
Dian Nur Septiyawati Putri, Fitriah Islamiah, Tyara Andini, Arita Marini. 2022. “Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar.” Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora 2(2):367.
Fiantika, Wasil M, Jumiyati, Honesti, Wahyuni, Jonata, Et. a. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif.
Fitriah, Lailatul, and Eka Putri. 2024. “Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” 5(4):418–24. doi: 10.32832/idarah.v5i4.16811.
Hijriati, Putri Rahmi,. 2021. “Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya.” Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak 7(1):152. doi: 10.22373/bunayya.v7i1.9295.
Millah, Ahlan Syaeful, Apriyani, Dede Arobiah, Elsa Selvia Febriani, and Eris Ramdhani. 2023. “Analisis Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1(2):140–53.
Nasution, Novita Sari, and Lahmuddin Lubis. 2023. “Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Simki Pedagogia 6(1):181–91. doi: 10.29407/jsp.v6i1.227.
Prahesti, Swantyka Ilham, and Syifa Fauziah. 2021. “Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):505–12. doi: 10.31004/obsesi.v6i1.879.
Rizky D, Ali K. 2020. “Jenis Kesimpulan Dan Saran Metode A.” Jenis Kesimpulan Dan Saran Metode A 3(5):1–15.
Utama, R. Anugrah. 2012. “Metodologi Penelitian.” Ketidaknyamanan Dan Komplikasi Yang Sering Terjadi Selama Persalinan Dan Nifas 3:35–58.
Abdussamad, Juriko, Imam Sopingi, Budi Setiawan, and Nurhikmah Sibua. 2024. Research Methods: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods (Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mixed Methode).
Adolph, Ralph. 2016. “済無No Title No Title No Title.” 09(September):1–23.
Anugrah, Ruri Liana, Resy Mulyani, and Roihanah Zakiyah. 2025. “Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif Berbasis Digital Sebagai Upaya Pengembangan Kompetensi Siswa Di Sma It Imam Asy Syafi ’ I Pekanbaru.” (4):1–10.
As-samawi, Harley Agustian. 2024. Ilmu Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif Berbasis Artificial Intelegence.
Dian Nur Septiyawati Putri, Fitriah Islamiah, Tyara Andini, Arita Marini. 2022. “Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar.” Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora 2(2):367.
Fiantika, Wasil M, Jumiyati, Honesti, Wahyuni, Jonata, Et. a. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif.
Fitriah, Lailatul, and Eka Putri. 2024. “Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” 5(4):418–24. doi: 10.32832/idarah.v5i4.16811.
Hijriati, Putri Rahmi,. 2021. “Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya.” Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak 7(1):152. doi: 10.22373/bunayya.v7i1.9295.
Millah, Ahlan Syaeful, Apriyani, Dede Arobiah, Elsa Selvia Febriani, and Eris Ramdhani. 2023. “Analisis Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1(2):140–53.
Nasution, Novita Sari, and Lahmuddin Lubis. 2023. “Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Simki Pedagogia 6(1):181–91. doi: 10.29407/jsp.v6i1.227.
Prahesti, Swantyka Ilham, and Syifa Fauziah. 2021. “Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):505–12. doi: 10.31004/obsesi.v6i1.879.
Rizky D, Ali K. 2020. “Jenis Kesimpulan Dan Saran Metode A.” Jenis Kesimpulan Dan Saran Metode A 3(5):1–15.
Utama, R. Anugrah. 2012. “Metodologi Penelitian.” Ketidaknyamanan Dan Komplikasi Yang Sering Terjadi Selama Persalinan Dan Nifas 3:35–58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khaerul Anwar, Isyfi Hani, Nurfadhilah Nurfadhilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





